Jokowi Targetkan 1-1,5 Juta Turis Datang ke Labuan Bajo

Presiden Jokowi di Pulau Rinca Labuan Bajo.
Presiden Jokowi di Pulau Rinca Labuan Bajo.
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA Bisnis – Presiden Jokowi menargetkan minimal 1-1,5 juta turis atau wisatawan yang datang ke Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya di Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo (TNK).

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke NTT sekaligus peresmian Perluasan Bandara Komodo pada Kamis 21 Juli 2022. 

Mulanya, Presiden Joko Widodo mengatakan peningkatan dan penataan kawasan Labuan Bajo berjalan sekitar 2 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, menghabiskan anggaran yang tidak sedikit. 

Baca juga: Pengacara: Proses Ekshumasi Brigadir J Libatkan Tiga RS TNI

"Begini ya, jadi ini kan penataan kawasan Labuan Bajo kurang lebih 2 tahun dan menghabiskan anggaran yang tidak sedikit. Mulai dari penataan di Pulau Rinca, di pelabuhan lama di Marina, kemudian juga inftastruktur jalan yang dilebarkan dan ada juga yang diperpanjang. Memperpanjang runway dan memperluas terminal airpot Pulau Komodo juga," kata Jokowi dikuti dari Youtube Setpres, Kamis 21 Juli 2022.

Oleh sebab itu, kata Jokowi, dalam peningkatan dan penataan seluruh infrastruktur tersebut harus ada imbalan hasil atau return terhadap peningkatan yang sudah dilakukan.

Untuk target pertama, lanjut Jokowi, minimal ada 1 juta turis yang datang ke Labuan Bajo. Kemudian, target kedua, setelah runway diperpanjang akan bertambah menjadi 1,5 juta.