DPR: Pemilihan Gubernur BI Tuntas 11 Juni

Gedung bank Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Komisi XI DPR menargetkan pemilihan Gubernur Bank Indonesia (BI) akan diusahakan selesai sebelum masa reses DPR pada 11 Juni 2010 mendatang. Dengan syarat, presiden sudah mengeluarkan nama-nama calon yang diusung sesegera mungkin.

"Proses (seleksinya) tergantung, dua minggu bisa selesai. Kalau keluar namanya sekarang, kita usahakan sebelum reses selesai atau 11 juni," kata Ketua Komisi XI DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 10 Mei 2010.

Menurut Emir, Komisi XI dalam posisi menunggu usulan nama-nama dari pemerintah. Jika nama-nama calon sudah masuk ke meja pimpinan DPR, selanjutnya Komisi XI tinggal menunggu penugasan dari Badan Musyawarah DPR.

"Kami ingin juga secepatnya jangan kosong. Tidak baiklah," kata dia seraya mengatakan jika dikosongkan dahulu, terpaksa dilakukan pemilihan berdasarkan kandidat yang ada dan paling senior sebagai pejabat sementara dulu.

Soal kemungkinan adanya dua posisi strategis bidang keuangan yaitu Menteri Keuangan dan Gubernur BI, Emir mengatakan masalah Menteri sepenuhnya menjadi hak prerogatif presiden. Namun untuk posisi BI, DPR mengharapkan pencalonan nama-nama kandidat sesegara mungkin diserahkan presiden.

"Karena Gubernur BI terkait dengan kami. Kalau menteri itu prerogatif persiden.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024
Antrean penumpang di area baggage drop Terminal 3, Bandara Soetta, Tangerang

Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta Mulai Menurun

Pergerakan penumpang pada puncak arus balik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024 yang terjadi pada Senin, 15 April 2024 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, nyatanya mengal

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024