Mendag Zulhas Ungkap Bukti RI Salah Satu Produsen Baja Terbesar Dunia

Mendag Zulhas.
Sumber :
  • Dani/VIVA.

VIVA Bisnis – Indonesia disebut menjadi negara terbesar ke-10 di dunia yang mengekspor besi dan baja. Hal itu dibuktikan dengan pelepasan 3.800 metrik ton baja struktur dan plat baja ke Selandia Baru oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Pelepasan ekspor itu dilakukan Mendag Zulhas di PT Gunung Raja Pakso, di Cikarang Barat, Selasa 26 Juli 2022.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan PT Gunung Raja Paksi yang terus bekerja keras meningkatkan ekspor produk baja Indonesia hingga menjadi salah satu produsen baja terbesar nasional," ujarnya

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Menurut dia, industri besi dan baja selama ini dikenal dengan sebutan mother of industries atau ibunya industri. Sebab, produksinya digunakan untuk menopang perkembangan industri lainnya.

Ilustrasi Ekspor-Impor

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ibu dan Anak Dibunuh Secara Sadis, Besi Masih Melekat di Kepala Korban

Hingga kini tercatat impor produk besi dan baja dunia di tahun 2021 sebesar US$ 623,68 miliar, dan pertumbuhannya periode 2017-2021 sebesar 3,51 persen. Selama ini diketahui ada lima besar negara yang kebutuhannya besar Seperti Amerika Serikat, RRT, Jerman, Italia dan Turki.

Sementara itu, Presiden Direktur PT GRP Abednedju Giovano Warani Sangkaeng mengatakajln, New Zealand dan Australia merupakan salah satu negara yang telah konsep Green Building untuk  produk-produk impornya. Total ekspor yang sekarang ini sebanyak 3,800 MT dengan nilai kurang lebih US$ 4 juta.

Ekspor-Impor

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Pemerintah dalam mengembangkan industri  baja nasional selama ini, sehingga PT. Gunung Raja Paksi Tbk bisa terus maju dan berkembang," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya