Genjot KPR Subsidi di Indonesia Timur, BTN Dorong Kinerja Developer

Foto udara pembangunan rumah bersubsidi.
Sumber :
  • Muhammd Solihin/VIVA.

VIVA – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) terus mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Rumah (KPR) khususnya segmen KPR Subsidi. Hal itu guna mengejar target sebanyak kurang lebih 200.000 unit. 

Investasi Rp 1,6 Triliun, Apple Bakal Bangun Developer Academy di 4 Wilayah RI

Salah satunya dengan mengadakan acara akad massal KPR Subsidi sebagai bagian dari rangkaian program BTN One Stop Housing Solution. Kali ini Bank yang fokus pada perumahan ini mengambil lokasi di Indonesia bagian timur, tepatnya di Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Akad massal KPR Subsidi yang digelar akhir pekan lalu itu diikuti oleh kurang lebih 400 peserta di lokasi tersebut.

Ini 5 Dampak Serius Konflik Iran-Israel ke Ekonomi RI, Simak!

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmarhargyo mengatakan, perseroan terus berkomitmen untuk memenuhi pembiayaan rumah khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dengan gelaran Akad Massal KPR FLPP ini diharapkan, masyarakat bisa lebih cepat memiliki rumah impiannya.

Direksi BTN.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.
Bicara Dampak Konflik Iran-Israel ke Harga BBM dan LPG, Dirjen Migas: Tidak Perlu Direspons Segera

“Dalam kesempatan ini saya juga mengajak pengembang untuk turut serta berpartisipasi aktif dalam mendukung niat baik ini dengan melakukan pembangunan perumahan sesuai ketentuan Pemerintah," ujar Haru dikutip dari keterangannya, Selasa, 26 Juli 2022. 

"Yaitu membangun perumahan dengan kualitas terbaik yang ramah terhadap lingkungan sehingga seluruh masyarakat dapat memiliki hunian yang layak untuk hidup dengan sehat, nyaman, tentram dan juga bahagia,” katanya. 

Sementara itu, Direktur Consumer Hirwandi Gafar mengungkapkan, hingga Juli 2022 ini, BTN sudah menyalurkan KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sekitar 70.000 unit. Serta, KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) sebanyak 5.000 unit. 

Dia menjelaskan, BTN One Stop Housing Solution merupakan kegiatan rutin untuk mendorong penyaluran KPR tersebut sekaligus mengenalkan produk BTN tidak hanya KPR.

"tapi juga kebutuhan layanan perbankan lain terkait perumahan, misal untuk membeli perabot rumah, furniture dengan Kredit “KRING”, renovasi rumah, pembelian rumah seken, hingga pembayaran tagihan parkir atau membayar Iuran Pengelolaan Lingkungan lewat aplikasi BTN,” jelas Hirwandi.

Akad Massal KPR BTN.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.

Dia menjelaskan, inovasi dan solusi perumahan baik dari sisi permintaan maupun penawaran itu, menunjukkan langkah nyata memperkuat posisinya sebagai Bank yang fokus pada perumahan.

Sementara itu, Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana Tapera, BP Tapera, Ariev Baginda Siregar menyatakan BTN One-Stop Housing Solution ini menjadi salah satu strategi dan solusi BTN selaku mitra BP Tapera. Dalam rangka memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi yang semakin mudah dijangkau. 

“Kami menyambut baik kegiatan ini (BTN One Stop Housing Solution) , dikarenakan ini salah satu upaya pemerintah yang berkolaborasi dengan para bank penyalur KPR bersubsidi, terutama yang saat ini kami kelola salah satunya adalah dana bantuan pembiayaan perumahan FLPP,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya