Sentimen Ini Picu Rupiah Melemah Lagi ke Rp14.996 per Dolar AS

Nilai Tukar Rupiah Dollar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Rabu pagi 27 Juli 2022. Terpantau pukul 09.08 WIB, rupiah melemah sebesar 3 poin atau 0,08 persen ke posisi Rp14.996 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.993 per dolar AS.

Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Baru Balik ke Rp 15.000-an pada Kuartal IV-2024

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.984 per dolar AS.

Analis Pasar Uang Ariston Tjendra menilai, sentimen negatif terhadap rupiah masih belum hilang. Hal itu karena pasar masih mewaspadai hasil rapat Bank Sentral AS Kamis dinihari pekan ini. Termasuk inflasi dan potensi perlambatan ekonomi yang akan memberikan pengaruh.

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

"Pasar juga mengkhawatirkan inflasi tinggi dan potensi perlambatan ekonomi. Kalau The Fed memberikan indikasi masih akan agresif menaikkan suku bunga acuan pascarapat Juli, dolar AS bisa menguat lagi dan sebaliknya," ujar Ariston kepada VIVA Bisnis, Rabu 27 Juli 2022.

Ilustrasi gaji dalam rupiah dan dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife

Ariston melanjutkan, inflasi AS yang masih tinggi menjadi alasan the Fed untuk menerapkan kebijakan pengetatan moneter yang agresif. Di mana itu dilakukan untuk menurunkan level inflasi tersebut.

IMF Kembali Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global 2022

Sementara itu, semalam International Monetary Fund (IMF) kembali mengeluarkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global. Dalam hal ini IMF memangkas proyeksi pertumbuhan 2022 dan 2023 sebesar 0,4 dan 0,7 poin menjadi 3,2 persen dan 2,9 persen dibandingkan proyeksi bulan April lalu.

"Rilis ini memvalidasi kekhawatiran pasar terhadap potensi resesi global karena inflasi tinggi. Di sisi lain, ekspektasi resesi ekonomi di AS memberikan kesempatan bagi nilai tukar lain untuk menguat terhadap dolar AS," jelasnya.

Ariston mengatakan, ekspektasi resesi di AS bisa menahan agresivitas the Fed dalam menaikkan suku bunga acuannya.

Adapun untuk potensi pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini ada di Rp14.960 hingga Rp15.020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya