Simak Rekomendasi Saham Akhir Pekan saat IHSG Dibayangi Tekanan

Ilustrasi IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA Bisnis – Indeks harga saham gabungan (IHSG) menguat 41 poin atau 0,60 persen di level 6.998 pada pembukaan perdagangan Jumat, 29 Juli 2022.

IHSG Hari Ini Diprediksi Kembali Menguat Ditopang Fundamental Ekonomi RI

Financial Expert Ajaib Sekuritas, M. Julian Fadli, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Dari dalam negeri, sentimen pergerakan IHSG hari ini berasal dari Kementerian Keuangan, yang memproyeksikan laju inflasi tahun 2022 berada pada kisaran 3,5-4,5 persen. Hal itu lebih tinggi dari asumsi APBN 2022 sebesar 2-4 persen," kata Julian dalam riset hariannya, Jumat 29 Juli 2022.

IHSG Dibuka Menguat tapi Minim Sentimen, Cermati Rekomendasi Saham Hari Ini

IHSG.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Julian menambahkan, proyeksi tersebut sebagai respons atas tingginya harga komoditas global, yang mempengaruhi banyak aspek dan diperkirakan masih akan berlanjut hingga semester II-2022.

IHSG Dibayangi Tekanan Jelang Rilis Neraca Dagang, Cek Saham-saham Pilihan

Sementara sentimen dari mancanegara berasal dari ekonomi Amerika Serikat (AS), yang secara teknis telah masuk dalam kondisi resesi. PDB AS kembali mengalami kontraksi sebesar 0,9 persen pada kuartal II-2022, menyusul penurunan 1,6 persen kuartal II-2022.

Julian menjelaskan, kontraksi tersebut didorong oleh adanya kondisi persediaan yang menurun, terutama sebagaimana yang terjadi di toko-toko barang umum serta dealer kendaraan bermotor.

"Pergerakan indeks saham akan berada di kisaran 6.909-6.995," ujarnya.

Selain itu, Julian juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, di antaranya yakni LSIP, BCAP, TINS, BFIN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya