Moeldoko Pastikan Kendaraan Listrik Dipakai di IKN Nusantara

Kepala KSP Moeldoko.
Kepala KSP Moeldoko.
Sumber :
  • Yeni Lestari/VIVA.

VIVA – Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko memastikan kendaraan listrik akan digunakan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini diungkap saat Moeldoko mengunjungi ajang pameran kendaraan listrik yang diselenggarakan Periklindo Electric Vehicle Show di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kata Moeldoko, kendaraan listrik bisa menjadi embrio sebagai autonomous car yakni mobil tanpa awak dan bisa mengendalikan dirinya sendiri. Nantinya, pengoperasian kendaraan itu akan dikerjakan mobil itu sendiri dan bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan.

"Iya itu (kendaraan listrik) akan menjadi salah satu embrio untuk mobil drive less, mobil yang otonomus ke depan. Itu salah satu yang kita persiapkan ke depan," ujar Moeldoko kepada wartawan di JiExpo Kemayoran, Jumat, 29 Juli 2022.

Rancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN Nusantara.

Rancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN Nusantara.

Photo :
  • Dok. PUPR

"Pastinya nanti akan ada di IKN, karena ini adalah produk kami yang pertama dan kita sudah antisipasi kesana untuk kebutuhan di sana," sambungnya.

Meski begitu, rencana penggunaan kendaraan listrik di IKN masih terbilang jauh. Sebab, kata Moeldoko, kendaraan listrik yang ada di pameran ini tengah disiapkan lebih dulu sebagai feeder untuk masyarakat yang akan pergi dalam jarak 2 sampai 3 kilometer.

"Sekarang ini disiapkan sebagai feeder ya jadi kalau orang turun dari bus atau stasiun dan mau ke perumahan dengan mobil metropod itu bisa mengantarkan sampe ke depan rumah. Iya yang bisa dipake 9 orang, bisa melayani jarak antara dua sampe tiga kilo," ungkapnya.

Lebih jauh, Moeldoko menyebut pameran kendaraan listrik yang diselenggarakan di JiExpo Kemayoran ini bisa menjadi pemicu dan pemacu bagi masyarakat luas. Pemacu bagi para industriawan mobil listrik di Indonesia untuk mengekpresikan poduknya.

Rancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN Nusantara.

Rancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN Nusantara.

Photo :
  • Dok. PUPR

"Kemudian, menjadi pemicu bagi pengguna kendaraan mobil listrik dengan melihat seperti ini jadi berpikir, oh ternyata mobil listrik tidak seribet seperti yang kita pikirkan. Maka ini akan menjadi pemicu pemindah dari kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik," ungkap Moeldoko.

Dalam pameran ini, terlihat sejumlah varian kendaraan listrik yang beragam. Mulai dari sepeda motor buatan dalam negeri, mobil roda empat, hingga mobil truk sampah. Kata Moeldoko, sudah mulai banyak permintaan terhadap kendaraan listrik di pameran ini.