Darwin: Senoro Tak Diputus Secara Sentimentil

Darwin Zahedy Saleh
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Zahedy Saleh menjelaskan, pemerintah akan memutuskan pengoperasian lapangan gas Donggi-Senoro, Sulawesi Tengah, setelah melihat kebutuhan nasional secara utuh. Keputusan akan dibuat dengan melihat fakta-fakta ekonomi.

"Kita harus memutuskan dengan menggunakan pertimbangan yang logis dan jangan sentimentil. Artinya fakta ekonomi juga penting," kata Darwin di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa, 11 Mei 2010.

Darwin mengaku sudah selesai melaporkan rekomendasi Donggi-Senoro kepada Wakil Presiden Boediono. "Apa yang diputuskan tak mungkin ada tanpa peran Kementerian ESDM dan timnya terus mengolah itu. Di situ perannya," ucap Darwin.

Dia menjelaskan, pemerintah perlu dengan cermat melihat kondisi suplai dan permintaan gas secara nasional. Karena itu keputusan mengenai Donggi Senoro tidak bisa diputuskan dengan cepat.

"Kita inginnya cepat diputuskan, tapi buru-buru juga tidak bagus. Karena sekarang banyak industri, termasuk PLN (Perusahaan Listrik Negara) sejak meningkatnya harga minyak bumi beralih ke gas," jelas Darwin.

Sebelumnya, Wapres Boediono juga melihat kurangnya infrastruktur menjadi salah satu pertimbangan sebelum memutuskan Donggi-Senoro. Darwin pun membenarkan argumen yang diberikan Boediono.

"Walaupun permintaan banyak, kan untuk dipasok perlu dilihat infrastrukturnya," tutur politisi asal Partai Demokrat ini. (art)

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!
Polisi berjaga-jaga di dekat Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta,  (Foto ilustrasi)

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Gedung Mahkamah Konstitusi, Gambir, Jakarta Pusat, meski aksi damai relawan Prabowo Gibran batal menggelar aksi

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024