Ini Harga Baru BBM Nonsubsidi di Sumut, Pertamina: Masih Kompetitif

Petugas mengisi BBM di SPBU Pertamina.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA Bisnis – Bahan bakar khusus (BBK) yang merupakan BBM nonsubsidi, yakni Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan Dexlite. Di mana, Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina melakukan penyesuaian harga untuk tiga produk BBM tersebut secara berkala.

Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Konsumsi Pertamax Series Naik 9 Persen

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara, Taufikurachman menjelaskan mekanisme penyesuaian harga secara berkala ini kembali dilakukan, harga BBM Nonsubsidi saat ini harganya cukup fluktuatif mengikuti perkembangan terkini dari industri minyak dan gas, terutama harga minyak dunia dan Indonesian Crude Price (ICP).

“Dapat disampaikan bahwa harga rata-rata ICP per Juli di angka 106.73 USD/barel, masih lebih tinggi sekitar 24 persen dari harga ICP pada Januari 2022. Harga ICP ini sangat fluktuatif dan harganya masih relatif tinggi,” kata Taufikurachman kepada wartawan, Rabu 3 Agustus 2022.

Gempuran Iran ke Israel Bisa Picu Perang Dunia, Intip Dampaknya ke Bursa, Rupiah, hingga Komoditas

Baca juga: Stok Pertalite Cuma Cukup 15 Hari Lagi, Ini Kata Pertamina

Khusus Provinsi Sumatera Utara harga Pertamax Turbo (RON 98) terdapat penyesuaian harga menjadi Rp18.250, Pertamina Dex (CN 53) menjadi Rp19.250, dan Dexlite (CN 51) menjadi Rp18.150 per liter. Harga ini berlaku mulai 3 Agustus 2022.

Bicara Dampak Konflik Iran-Israel ke Harga BBM dan LPG, Dirjen Migas: Tidak Perlu Direspons Segera

“Penyesuaian harga ini sesuai dengan regulasi Kepmen ESDM No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga jenis bahan bakar umum (JBU).  Sebagai informasi, harga Pertamax Turbo dan Dex Series ini masih paling kompetitif jika dibandingkan dengan produk dengan kualitas setara, hal ini adalah komitmen kami untuk dapat menyediakan BBM berkualitas dan tetap dengan menjaga keterjangkauan harga,” jelas Taufikurachman.

Taufikurachman menambahkan, dalam menyesuaikan harga, Pertamina turut mempertimbangkan dan menjaga daya beli masyarakat, Pertamax dan BBM subsidi yakni Pertalite dan Solar tidak mengalami perubahan harga. 

Petugas saat melayani Pelanggan di SPBU Pertamina.

Photo :
  • Dok. Pertamina

Penyesuaian harga Pertamax Turbo dan Dex Series yang hanya sekitar 5 persen dari total konsumsi nasional tidak akan terlalu berpengaruh terhadap harga komoditas ataupun sektor transportasi.

“95 persen dari porsi BBM nasional yakni Pertamax, Pertalite, dan Solar tidak berubah harganya, hanya BBM segmen tertentu saja yakni Pertamax Turbo dan Dex Series yang berubah itupun masih paling kompetitif. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” tutur Taufikurachman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya