RI Bukan Top 10 Industri Halal Dunia, Erick Thohir: Harus Introspeksi

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dokumentasi Kementerian BUMN.

VIVA – Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Erick Thohir menegaskan, MES harus terus berikhtiar memperkuat perannya dalam mengembangkan, dan memperkuat perekonomian serta keuangan syariah di Indonesia. 

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Dia menilai, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi yang besar pula terhadap perekonomian syariah dan ekosistem industri halal.

"Jangan sampai bangsa kita hanya menjadi market bagi negara lain, jangan sampai bangsa kita hanya jadi penonton. Inilah yang harus kita rajut dan perkuat," kata Erick dalam keterangannya, Jumat, 5 Agustus 2022.

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Logo Halal Indonesia.

Photo :
  • istimewa.

Dengan potensi tersebut, Erick bertekad menjadikan Indonesia sebagai pemain besar dalam industri halal dunia. Selama ini, lanjut Erick, Indonesia bahkan tak masuk dalam sepuluh besar produsen industri halal dunia. Justru, Erick menyayangkan bahwa ternyata Indonesia hanya menempati peringkat keempat sebagai negara dengan konsumsi produk halal dunia. 

Alasan Heerenveen Izinkan Nathan Tjoe-A-On Kembali ke Timnas Indonesia U-23

"Mau sampai kapan market kita hanya menjadi sumber bagi pertumbuhan ekonomi negara lain. 10 besar kita tidak masuk, malah yang masuk Brasil, Amerika Serikat (AS), bahkan Taiwan. Ini harus menjadi introspeksi kita bersama," ujarnya.

Karenanya, Erick meyakini bahwa MES dapat membangun sistem ekonomi dan keuangan syariah yang inklusif. Serta, mendorong para wirausahawan muslim untuk menjadikan Muslimpreneur yang produktif, sebagai roda penggerak umat muslim di Indonesia.

Untuk merealisasikannya, Erick memastikan bahwa MES bersama BUMN dan masyarakat, harus bisa berkolaborasi. Sehingga, keduanya sama-sama dapat memberikan manfaat dan kontribusi yang lebih besar lagi, bagi bangsa dan masyarakat Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dok. AMSI

Dengan gotong-royong, Erick optimistis bahwa umat yang mayoritas di negeri ini tidak hanya menjadi buih, melainkan sebagai ombak dalam ekonomi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Tujuannya untuk mewujudkan Indonesia yang Maju, Makmur, dan Mendunia. Sekali lagi, saya ucapkan selamat ulang tahun ke-22 untuk Masyarakat Ekonomi Syariah (MES)," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya