Pemerintah Bayar Utang, Cadangan Devisa RI Juli Turun Jadi US$132,2 M

Cadangan Devisa Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Bisnis – Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juli 2022 tetap tinggi, yakni sebesar US$132,2 miliar. Jumlah tersebut menurun dibandingkan bulan sebelumnya.

Klarifikasi Isu Koalisi Prabowo Bergejolak soal Jatah Menteri, Sekjen Gerindra Bilang Begini

"Meskipun menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir Juni 2022 sebesar US$136,4 miliar," kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangannya, Jumat 5 Agustus 2022.

Erwin menjelaskan, penurunan posisi cadangan devisa pada Juli 2022, antara lain dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri Pemerintah dan kebutuhan untuk stabilisasi nilai tukar Rupiah.

Jokowi Klaim Impor Jagung Turun dari 3,5 Juta Ton Jadi 450 Ribu Ton

Bank Indonesia

Photo :
  • Dok. VIVA.co.id

"Sejalan dengan masih tingginya ketidakpastian pasar keuangan global," ujar Erwin.

RI Sudah Impor 567,22 Ribu Ton Beras Maret 2024, Naik 921,51 Persen

Dia memastikan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,1 bulan impor, dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

Bank Indonesia menilai, cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

ilustrasi uang dolar

Photo :
  • vstory

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga," kata Erwin.

"Seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, guna mendukung proses pemulihan ekonomi nasional," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya