Mengintip Bentuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Siap Dikirim ke RI

Kereta cepat hasil rancang bangun CRRC Qingdao Sifang Co Ltd.
Kereta cepat hasil rancang bangun CRRC Qingdao Sifang Co Ltd.
Sumber :
  • ANTARA/HO-CRRC

VIVA – Kereta api berkecepatan tinggi yang bakal beroperasi pada jalur Jakarta-Bandung hari ini, 5 Agustus 2022 resmi dikirim ke Indonesa. Kereta Cepat ini merupakan generasi Fuxing China yang memiliki nuansa keindonesiaan.

Wakil Duta Besar RI di Beijing Dino R Kusnadi, mengatakan kereta cepat yang dipesan Indonesia tersebut memang dirancang dengan menyesuaikan kondisi iklim dan geologis Pulau Jawa.

Menurut dia, warna merah dan abu-abu yang menjadi ciri khas kereta cepat generasi Fuxing memang tidak bisa lepas dari warna bodi kereta cepat Jakarta-Bandung.

Baca juga: Ekspor Kuartal II 2022 RI Tumbuh Positif, BPS: Dapat Durian Runtuh

"Namun, motif komodo, batik, dan Candi Borobudur sangat kental nuansa keindonesiaannya," kata Dino dilansir dari Antara, saat acara peluncuran rangkaian kereta cepat listrik (EMU) di Beijing, Jumat 5 Agustus 2022.

Perlu diketahui, kereta cepat yang dikirim ke Indonesia telah melakukan uji jalan hingga 10 ribu kilo meter dan memiliki kecepatan maksimal hingga 380 km per jam dan merupakan rancang bangun CRRC Qingdao Sifang Co Ltd.

Fuxing merupakan generasi kereta cepat China yang dikembangkan secara mandiri di dalam negeri dengan 100 persen kandungan lokal.