Sri Mulyani Ungkap Strategi RI Hadapi Sederet Tantangan Ekonomi Global

Menkeu Sri Mulyani.
Menkeu Sri Mulyani.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mewaspadai sejumlah tantangan yang memiliki risiko tinggi menjadi penentu keberlangsungan ekonomi Indonesia ke depannya.

Tantangan tersebut menurut Sri didominasi oleh situasi eksternal. Seperti misalnya dari dinamika geopolitik yang tidak menentu, hingga langkah agresif kebijakan ekonomi negara-negara maju.

"Tantangan ke depan sepertinya akan berasal dari (pihak) luar," kata Sri Mulyani dalam telekonferensi, Jumat, 5 Agustus 2022.

Adanya konflik geopolitik di sejumlah kawasan, diakui Sri Mulyani menjadi salah satu momok yang mesti selalu diwaspadai. Sebab, selain sukar diprediksi, seperti ekskalasi terbaru antara China-Taiwan akhir-akhir ini.

Menkeu menegaskan, hal-hal semacam itu mesti selalu diwaspadai oleh Pemerintah. Karena dampaknya akan menimbulkan berbagai gejolak termasuk krisis energi, pangan, dan pupuk sebagaimana akibat dari perang Rusia dan Ukraina.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati.

Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati.

Photo :

Selain itu, lanjut Sri Mulyani, langkah The Federal Reserve (The Fed) yang menaikkan suku bunganya secara agresif, diakui turut menambah tantangan bagi berbagai negara termasuk negara-negara berkembang seperti Indonesia.