Bangun Ekosistem Terumbu Karang, PKT Diganjar Diapresiasi Dunia

PT Pupuk Kaltim
PT Pupuk Kaltim
Sumber :
  • Dokumentasi PT Pupuk Indonesia (Persero)

VIVA Bisnis – Upaya PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) melakukan konservasi alam yang dilakukan sejak 13 tahun lalu, mendapatkan apresiasi dunia internasional. Perusahaan itu pun meraih penghargaan Asia Responsible Enterprise Awards (AREA) 2022 kategori Social Empowerment atas program Konservasi Terumbu Karang oleh Kelompok Nelayan Kimasea.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengungkapkan, konservasi terumbu karang di perairan Bontang telah dijalankan PKT sejak 2009 dengan komitmen penurunan 500 unit media terumbu buatan setiap tahun.

Program konservasi terumbu karang ini direalisasikan di perairan Tobok Batang Kota Bontang dengan luasan mencapai 20 hektare (Ha). Program konservasi dilakukan oleh PKT karena melihat kondisi terumbu karang di perairan Bontang yang mengalami kerusakan akibat penangkapan ikan tidak ramah lingkungan (PITRaL) yang bersifat destruktif.

Berdasarkan data Pemerintah, dari 5.464 Ha luas wilayah terumbu karang di perairan Bontang, 2.500 Ha diantaranya dalam keadaan rusak.

PLTS rooftop Kantor Pusat Pupuk Kaltim.

PLTS rooftop Kantor Pusat Pupuk Kaltim.

Photo :
  • Dokumentasi Pupuk Kaltim.

"Kondisi inilah yang menjadi keprihatinan PKT untuk turut berperan dalam merehabilitasi terumbu karang di perairan Bontang," kata Rahmad dikutip, Jumat, 5 Agustus 2022.

Dia menjelaskan, kesinambungan langkah konservasi terumbu diikuti pembinaan dan pelibatan masyarakat dalam menjaga ekosistem perairan melalui pembentukan kelompok nelayan Kimasea pada 2017.