Catat, Kemenhub Targetkan Kereta Cepat Tes Dinamis November 2022

Kereta cepat hasil rancang bangun CRRC Qingdao Sifang Co Ltd.
Kereta cepat hasil rancang bangun CRRC Qingdao Sifang Co Ltd.
Sumber :
  • ANTARA/HO-CRRC

VIVA Bisnis – Kementerian Perhubungan menargetkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung dapat menjalani tes dinamis pada November 2022 mendatang. Hal itu bertepatan dengan penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, proyek kereta cepat ini adalah wujud persahabatan Indonesia-Tiongkok yang selalu dibahas dalam pertemuan kedua negara. Sehingga perlu didukung agar berjalan dengan baik.

Menurut dia, pembangunan konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung serta integrasi sistemnya bisa dipercepat.

Baca juga: Pengacara: Laporan Brigadir J Naik ke Pro-Justitia, Ada Titik Terang

Sebab, dia berharap bahwa kehadiran KJCB sebagai transportasi massal yang ramah lingkungan serta tingkat efisiensi waktu, keselamatan, dan keamanan yang baik, akan mampu meningkatkan minat masyarakat untuk lebih memilih menggunakan transportasi publik ketimbang kendaraan pribadi.

"Untuk itu, saya mengimbau kecepatan waktu konstruksi dan integrasi sistem dapat dipercepat, agar manfaat yang sudah sudah ditunggu masyarakat pengguna kereta api dapat segera bisa dirasakan," kata Budi dikutip Sabtu 6 Juli 2022.

Seperti diketahui, rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau rangkaian kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), telah dilakukan pengiriman pada Jumat 5 Agustus 2022 dari China ke Indonesia.