Imbas Danau Toba Kejurnas Rally 2022, Okupansi Hotel Meningkat

Hotel Khas Parapat, Kabupaten Simalungun.
Sumber :
  • VIVA/B.S.Putra.

VIVA Bisnis – Tingkat hunian hotel Danau Toba, di sekitar Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara mengalami peningkatan. Hal itu, imbas dari event sport tourism, Danau Toba Kejurnas Rally 2022, yang berlangsung 5-7 Agustus 2022.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Event olahraga nasional itu, sangat dirasakan Hotel Khas Parapat. Dampak acara rally Danau Toba mengalami peningkatan okupansi hotel mencapai 75 persen dibandingkan akhir pekan biasanya.

"Kalau tidak ada event rally ini, okupansi kita biasanya naik sampai 40 persen. Namun pas ada rally ini, naik okupansi kita sampai 75 persen. Khususnya di akhir pekan ini kita cukup ramai. Bahkan bisa penuh kamar kita," kata Manager Hotel Khas Parapat, Vander Ambarita kepada wartawan, Minggu 7 Agustus 2022.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Danau Toba.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

Saat ini, pariwisata di Danau Toba terus bergeliat dengan kegiatan digelar oleh pemerintah. Tak hanya saat pelaksanaan kegiatan saja, okupansi hotel naik. Melainkan, saat akhir pekan jumlah pengunjung hotel di Danau Toba juga meningkat jika dibandingkan awal pandemi lalu. 

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Manager Atsari Hotel Parapat, Mike Wijaya Sinaga, mengaku hal yang sama. Kegiatan Kejurnas Rally 2022 memberikan keberkahan bagi hotel tersebut. Dari 44 kamar hotel yang tersedia, 40 kamar sudah terisi saat event Kejurnas Rally 2022.

"Sebagian tamu kita memang ada acara rally. Tapi sebagian lagi memang mereka yang lagi liburan ke Danau Toba," ucap Mike.

Sport Tourism

Jika dibandingkan pada hari biasanya, okupansi hotel saat acara Kejurnas Rally ini, Mike menjelaskan mengalami kenaikan sebesar 80 persen. 

"Makanya kami sangat berharap terus diadakannya kegiatan-kegiatan di Danau Toba. Apalagi bulan depan juga ada Asia Pasific Rally Championship (APRC). Semoga okupansi kita lebih tinggi," jelas Mike.

Hal yang sama juga dikatakan Manager Hotel Grand Tamaro Parapat, Ridolli Butar-butar. Ia mengatakan di hari biasa tingkat okupansi naik 30 persen. Sementara saat weekend bisa naik sampai 80 persen. 

"Besar harapan kami dengan adanya kegiatan Rally ini animo masyarakat untuk datang ke Danau Toba semakin tinggi dan itu menjadi hal yang positif bagi kami industri perhotelan," jelas Ridolli.

Asia Pasific Rally Championship.

Photo :
  • FIA APRC

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah mengatakan bahwa Kejurnas Rally 2022 digelar untuk membangkitkan sport tourism di daerah. Bukan hanya Danau Toba, melainkan daerah-daerah lainnya yang ada di Sumut juga akan dikembangkan sport tourism. Mengingat potensi masing-masing daerah ada.

"Khusus di Danau Toba, kita akan kembali akan menghadirkan APRC bulan depan. Dan World Rally Championship (WRC) tahun depan. Karena tahun 1990-an kita juga pernah menjadi tuan rumah. Dengan adanya kegiatan ini, seluruh wisatawan dari berbagai negara akan datang dan melihat Danau Toba. Sudah pasti akan memberikan dampak ekonomi untuk Sumut," tutur Musa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya