Survei BI: Optimisme Konsumen RI pada Juli Menurun

Bank Indonesia
Sumber :
  • akurat.co

VIVA – Bank Indonesia (BI) mencatat, survei konsumen di Juli 2022 mengindikasikan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap terjaga.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono menyebutkan, hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2022 sebesar 123,2. Meski itu tidak setinggi indeks pada bulan sebelumnya yang sebesar 128,2 poin atau terjadi penurunan.

"Optimisme konsumen pada Juli 2022 yang terjaga ditopang oleh tetap kuatnya ekspektasi terhadap kondisi ekonomi ke depan, terutama ekspektasi terhadap penghasilan," kata Erwin dalam keterangannya, Senin, 8 Agustus 2022.

Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Perubahan Perilaku Konsumen ke Belanja Online

Photo :
  • vstory

Erwin melanjutkan, saat ini konsumen juga mempersepsikan kondisi ekonomi tetap baik. Meskipun sedikit menurun dari capaian bulan sebelumnya.

Parkir Liar Kian Menjamur di Minimarket, Seperti Apa Aturannya?

Adapun untuk IKK yang tidak setinggi dibandingkan bulan sebelumnya terpantau pada seluruh kategori pengeluaran. Terutama pada responden dengan pengeluaran Rp4,1 juta–5 juta

Sedangkan berdasarkan usia tertahannya, IKK Juli 2022 terindikasi pada sebagian besar kelompok responden. Hal itu ada pada responden dengan usia 31–40 tahun.

Gedung Bank Indonesia.

Photo :
  • Dok. VIVA.co.id

Sementara secara spasial, IKK Juli 2022 mengalami penurunan di sebagian besar kota yang disurvei. Terdalam di kota Samarinda -16,6 , diikuti Padang -11,1, dan Semarang -9,9 poin

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya