Maaf Pertalite Habis! Pasokan Mulai Langka?

Pertalite habis di SPBU di Jabodetabek.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite banyak dikabarkan mengalami kelangkaan dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan, pada Senin 8 Agustus 2022 kemarin sempat diberitakan terjadi kekosongan pasokan Pertalite, di sejumlah SPBU wilayah Bogor, Jawa Barat.

Motoris Pertamina Sudah Layani 37 Panggilan Kendaraan Pemudik Habis BBM di Tol

Saat VIVA Bisnis menyambangi salah satu SPBU di wilayah Ciledug, Tangerang, ternyata SPBU tersebut juga tengah kehabisan stok Pertalite. 

Ketika dikonfirmasi ke salah seorang petugas yang enggan disebut namanya, dia mengakui bahwa sejak pagi hari tadi Pertalite memang sudah habis di SPBU tersebut.

Harga Minyak Dunia Naik Buntut Konflik Israel-Iran, Pertamina Pastikan Harga BBM Tak Naik

"Iya, (Pertalite) kosong dari tadi pagi," kata Petugas tersebut kepada VIVA Bisnis, Selasa 9 Agustus 2022.

Baca juga: Simak Aturan Kemenhub Terbaru Soal Batas Tarif Ojek Online

Konsumsi BBM Pertamina Meningkat 42 Persen di Sumut saat Mudik Lebaran 2024

Dia menjelaskan, pada Sabtu 6 Agustus 2022 akhir pekan lalu SPBU tempatnya bertugas itu juga mengalami kekosongan stok Pertalite. Hingga kemudian pengisian stok melalui mobil tangki dilakukan, pada sekitar Minggu malam. 

Namun pada Senin malam 8 Agustus 2022, stok Pertalite kembali kosong usai habis terjual, dan belum di isi kembali karena masih menunggu kedatangan mobil tangki.

Saat ditanya kapan kiranya mobil tangki pembawa stok Pertalite itu akan datang, petugas itu mengaku tidak mengetahuinya secara pasti.

"Kalau kapannya itu (mobil tangki datang) belum tahu," ujarnya.

Petugas SPBU melayani masyarakat dengan mengisi BBM jenis Pertalite

Photo :
  • ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

Diketahui, sebelumnya pada Senin 8 Agustus 2022 kemarin marak diberitakan bahwa stok Pertalite mengalami kelangkaan. Sejumlah SPBU di Kota Bogor hingga wilayah Puncak Kabupaten Bogor, bahkan sempat terpantau tutup akibat stok BBM kosong.

Terpantau hanya dua gerai yang buka dan diserbu antrean panjang. Pantauan VIVA di Kota Bogor, SPBU-SPBU itu sepi dan kendaraan yang masuk sudah langsung putar arah setelah diberitahukan petugas bahwa BBM habis.

Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) ke truk tangki di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) PT Pertamina (Persero) Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur

Photo :
  • ANTARA FOTO/Didik Suhartono

"Habis semua saya sudah 10 pom bensin tidak ada semua. Ini ada di jalan Pajajaran," kata Abizar Algifahri salah satu pengendara, warga Kota Bogor, Senin, 8 Agustus 2022.

Tak hanya di wilayah Kota Bogor, kelangkaan BBM juga terjadi di wilayah Kabupaten Bogor, khususnya daerah Puncak. Di lokasi ini hampir seluruh gerai tutup akibat tidak ada pasokan BBM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya