Perusahaan RI Ini Jadi yang Pertama Kapalkan Produk Pertanian Rusia

Pengapalan Produk-produk Pertanian dari Rusia.
Pengapalan Produk-produk Pertanian dari Rusia.
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Rusia saat ini telah memberikan izin kepada kapal perusahaan internasional untuk memuat kiriman pertama produk pertaniannya agar dapat didistribusikan di pasar global.

Pengapalan pertama ini merupakan satu dari upaya yang berhasil disepakati bersama Amerika Serikat dan Rusia dalam menangani isu kekurangan pangan global. Di mana itu dipicu oleh konflik yang terjadi di Ukraina.

"Kapal MV White Shark telah memuat 25.000 ton gandum milik PT Comexindo International, sebuah perusahaan patungan antara Harvest Commodities, perusahaan AS-Swiss, dan perusahaan Indonesia, Arsari Group, di Pelabuhan Novorossiysk kemarin (07/08)," kata Arsari Group dalam keterangan tertulisnya, Selasa 9 Agustus 2022.

Baca juga: Maaf Pertalite Habis! Pasokan Mulai Langka?

Adapun untuk kapal tersebut dijadwalkan berlayar hari ini 9 Agustus 2022, dengan tujuan Mesir. Selain itu juga dijadwalkan kapal lainnya akan segera berlayar yaitu, kapal MV Bronco yang akan akan mengambil 20.000 ton gandum tambahan untuk PT Comexindo International di Novorossiysk.

"Dan dijadwalkan akan segera berlayar menuju Angola. Kapal-kapal ini, termasuk dua kapal lagi di Pelabuhan Odessa di Ukraina, adalah pengiriman komersial pertama dari Ukraina dan Rusia sejak dimulainya konflik pada 24 Februari 2022," jelasnya.

Menurutnya, kapal-kapal tersebut dapat berlalu lintas dengan aman. Hal itu karena berkat upaya bersama dan kesepakatan di antara pemerintah Amerika Serikat, Rusia, Ukraina, Turki, dan Indonesia, serta Perserikatan Bangsa-Bangsa.