Tarif Ojol Naik, Blue Bird Pastikan Tak Ikutan Naikkan Harga

Aplikasi My BlueBird.
Sumber :
  • Instagram/@bluebirdgroup

VIVA Bisnis – PT Blue Bird Tbk (BIRD) menanggapi terkait aturan baru kenaikan batas tarif ojek online (ojol), yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Melalui Keputusan Menteri Perhubungan No 564 Tahun 2022.

TikToker Galih Loss Minta Maaf Usai Prank Teriaki Ojol Begal Motor Berujung Hujatan Netizen

Direktur Utama Blue Bird Sigit Djokosoetono menyebutkan, untuk Blue Bird sendiri penentuan tarif diatur berdasarkan tarif atas bawah. Dalam hal ini tercantum melalui Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No 118 tahun 2018, yaitu tarif atas bawah Rp3.500 per kilometer (km) dan tarif bawah atas Rp6.500 per km.

"Penentuan mengenai tarif ojol naik atau tidak itu memang market ya karena sudah ada aturannya. Jadi kita melihat naik apa tidaknya bukan karena ada yang lain naik atau tidak, balik lagi melompat pada peraturan Blue Bird sendiri," kata Sigit di Mampang, Jakarta, Selasa 9 Agustus 2022.

KAI Tebar Diskon 20 Persen Tarif Tiket Kereta Api Usai Lebaran, Ini Daftarnya

Mobil baru armada Bluebird.

Photo :
  • Facebook Motuba

Sigit menjelaskan, meski telah ditentukan tarif atas bawah Perseroan diberikan fleksibilitas dalam penentuan tarif taksi selama masih dalam batas range yang ditentukan Pemerintah. Adapun mengenai kenaikan tarif jelasnya masih perlu perhatian khusus dari sisi demand atau permintaan.

Tesla Siap Luncurkan Taksi Tanpa Sopir Tahun Ini

"Jadi bukan karena yang lain naik kita ikut naik, enggak begitu. Jadi itu dari sisi pentarifan, buat kami melihat karena transportasi umum ini masuk dalam BBM yang memang bisa disubsidi oleh pemerintah menggunakan Pertalite jadi kita akan tetap ikuti dulu," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama Blue Bird Andre Djokosoetono menambahkan kendaraan Blue Bird telah mengikuti regulasi Pemerintah untuk mendaftar ke aplikasi MyPertamina.

Blue Bird

Photo :
  • VIVA.co.id / Foe Peace

"Kita sudah memulai pendaftaran terutama di area tempat percobaan awal, tentu kita sudah mendaftar di daerah lain yang sesuai schedule. Kita mulai mendaftarkan secara bertahap agar comply dengan regulasi yang ditetapkan pemerintah," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya