Harga Emas Hari Ini 10 Agustus 2022: Global dan Antam Turun

Ilustrasi: Tumpukan emas batangan pada uang kertas dolar AS.
Ilustrasi: Tumpukan emas batangan pada uang kertas dolar AS.
Sumber :
  • ANTARA/Shutterstock/pri

VIVA Bisnis – Harga emas internasional dibuka turun pada perdagangan Rabu pagi. Hal itu karena investor menahan diri dan membuat taruhan menjelang data inflasi AS yang diperkirakan bakal pengaruhi laju kenaikan suku bunga Federal Reserve.

Dilansir dari Economic Times, Rabu 10 Agustus 2022, harga emas di pasar spot turun sebesar 0,1 persen ke level US$1.791,60 per ons. Sedangkan, emas berjangka AS turun sebesar 0,2 persen ke level US$1.808,20 per ons.

Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan inflasi tahunan AS telah berkurang menjadi 8,7 persen pada Juli dari 9,1 persen pada Juni. Lalu, Inflasi inti diperkirakan sebesar 0,5 persen. 

Baca juga: Rupiah Pagi Ini Melemah di Level Rp14.867 per Dolar AS

Sebelumnya, The Fed menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin masing-masing pada Juni dan Juli untuk mengendalikan inflasi yang melonjak. Dan suku bunga AS yang lebih tinggi menumpulkan daya tarik emas.

Adapun pedagang berjangka dana Fed sekarang memperkirakan peluang sebesar 69,5 persen kenaikan suku bunga 75 basis poin pada pertemuan kebijakan bank sentral AS berikutnya pada September.

Emas Domestik

Halaman Selanjutnya
img_title