7 Perusahaan Tertua di Dunia, Umurnya Lebih Dari Seabad

Mamma Beer
Mamma Beer
Sumber :
  • Zatec Brewery

VIVA Bisnis – Perusahaan adalah tempat memproduksi barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat luas. Perusahaan bekerja untuk menggerakkan perekonomian suatu negara. Karena itu, perusahaan menyerap tenaga kerja untuk memproduksi suatu barang atau jasa agar bisa dijual ke masyarakat.

Ternyata ada beberapa perusahaan di berbagai dunia telah ada sejak ratusan, bahkan dari tahun lalu dan masih bisa beroperasi sampai saat ini? Bahkan sebagian besar dari mereka bertahan berkat tradisi turun-temurun dan kepopulerannya di kalangan masyarakat.

Lobi dan negosiasi pada perusahaan

Lobi dan negosiasi pada perusahaan

Photo :
  • vstory

Ingin tahu perusahaan tertua apa saja yang ada di dunia? Berikut Viva rangkumkan daftarnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kongo Gumi

Kuil Shinshu Takada-ha Honzan Senshu-ji, Jepang.

Kuil Shinshu Takada-ha Honzan Senshu-ji, Jepang.

Photo :
  • instagram.com/takadahonzansenjuji

Kongo Gumi adalah perusahaan tertua di dunia yang terus berlanjut hingga 2006. Menyesuaikan diri dengan era modern, Kongo Gumi kemudian menyatu dengan Takamatsu, menjadi anak perusahaan yang berbasis di Osaka.

Masyarakat Jepang mengenal Kongo Gumi sebagai perusahaan konstruksi tertua yang beroperasi sejak tahun 578. Perusahaan ini telah membangun banyak kuil dan bangunan lain di seluruh Jepang.

2. Nisiyama Onsen Keiunkan

Pemandian air panas Sungai Janiah

Pemandian air panas Sungai Janiah

Photo :
  • http://hutantropis.com

Hotel pemandian air panas ini pusat di Yamanashi, Jepang dan telah beroperasi tahun 705. Nisiyama Onsen adalah hotel tertua yang tercatat di Rekor Dunia Guinness, Loopers. Hotel bisnis ini diturunkan melalui keluarga yang sama selama 52 generasi berturut-turut.

3. Siftskeller St. Peter

Dasparkhotel Austria

Dasparkhotel Austria

Photo :
  • Atlas Obscura

Stiftskeller St. Peter adalah restoran yang terletak di Salzburg, Austria. Lebih dari seribu tahun, restoran mewah ini telah menjadi tuan rumah para bangsawan dan tokoh-tokoh sejarah terkenal di seluruh dunia, mulai dari Charlemange sampai Bill Clinton. Dianggap sebagai salah satu restoran terbaik di Eropa, Siftskeller St. Peter konon katanya telah berdiri sejak tahun 803.

4. Sean's Bar

Star Beer

Star Beer

Photo :
  • Doc.. Stark Beer

Sekilas bar yang terletak di Athlone, Irlandia ini tampak seperti bar pada umumnya. Tapi siapa sangka, Sean’s Bar sudah berdiri sejak tahun 900 dan dinobatkan sebagai bar tertua di Irlandia. Sean's Bar terus melayani pelanggan bir dan alkohol lainnya selama lebih dari seribu tahun!

5. Pabrik Bir Weihenstephan

Beer Fountain di Kota Zalec, Slovenia.

Beer Fountain di Kota Zalec, Slovenia.

Photo :
  • U-Report

Manusia dan minuman lain selama bertahun-tahun, maka dari itu tidak mengherankan beberapa perusahaan tertua yang ada sekarang adalah pabrik minuman. Salah satunya Weihanstephan Brewery. Pabrik bir yang berbasis di Freising, Jerman ini sudah membuat bir sejak tahun 1040, Loopers. Dan sampai sekarang masih menyediakan salah satu minuman bir terbak di dunia.

6. Tambang Garam Wieliczka

Tambang garam unik di Nigeria

Tambang garam unik di Nigeria

Photo :
  • Dok. George Steinmetz

Sejak 1044, tambang garam Wieliczka di Krakow, Polandia telah memasok garam dan mengirimnya ke seluruh dunia. Alasan utama keberhasilannya adalah karena deposit garam yang besar di tambang tersebut. Meski bangunan utamanya tak lagi beroperasi sebagai perusahaan pertambangan, bangunan itu tetap ada dan dialihfungsikan sebagai tempat rekreasi sejarah.

7. Shore Porters Society

Berlokasi di Aberdeen, Skotlandia, Shore Porters Society telah menyediakan layanan pemindahan, pengangkutan, dan penyimpanan sejak 1498. Perusahaan ini telah resmi menjadi perusahaan transportasi tertua di dunia dan bekerja di berbagai industri yang berbeda, mulai dari pindah rumah hingga mengangkut barang-barang dari rumah lelang.

Nah, itu deretan perusahaan tertua di dunia yang Viva dapat berikan informasinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan yang tidak ada ujungnya ya!