Jelang Operasional, KAI Pamerkan Depo LRT Jabodebek Canggih di Bekasi

Penampakan Depo LRT Jabodebek di Bekasi Timur.
Penampakan Depo LRT Jabodebek di Bekasi Timur.
Sumber :
  • Youtube Satuan Kerja LRT Jabodebek

VIVA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI, menyiapkan kelengkapan Depo LRT Jabodebek jelang pengoperasiannya. Depo tersebut berlokasi di Kecamatan Bekasi Timur, Kabupaten Bekasi, dengan luas sekitar 100.000 m2.

Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus menjelaskan, depo perawatan dan perbaikan sarana dan komponen pendukung LRT itu dibutuhkan, agar moda transportasi tersebut dapat beroperasi secara aman, nyaman, dan memenuhi unsur keselamatan.

"Sebagai moda transportasi paling modern yang akan beroperasi di Indonesia, LRT Jabodebek tentu membutuhkan dukungan fasilitas perawatan yang mumpuni," kata Joni dalam keterangannya, Rabu 10 Agustus 2022.

Baca juga: Tarif Ojol Naik, Gojek Janjikan Hal Ini ke Driver dan Pelanggan

Joni menjelaskan, terdapat 20 jalur pada area stabling untuk melindungi sarana LRT Jabodebek dari cuaca panas, hujan, dan gangguan eksternal lainnya. 

Area Light Maintenance memiliki 10 jalur, dan digunakan untuk pemeriksaan serta perawatan ringan. Misalnya seperti pemeriksaan dan perawatan harian, serta perawatan bulanan dengan siklus 1, 3, 6, dan 12 bulan. 

Sedangkan area Heavy Maintenance memiliki empat jalur, digunakan untuk perawatan besar dengan siklus tahunan.
 
Depo LRT Jabodebek juga memiliki area Test Track sebanyak satu jalur, yang digunakan sebagai tempat pengetesan sarana LRT Jabodebek setelah dilakukan perawatan atau perbaikan. Dengan adanya Test Track tersebut, maka jalur LRT Jabodebek hanya digunakan untuk operasional.

DEPO LRT Jabodebek di Bekasi Timur.

DEPO LRT Jabodebek di Bekasi Timur.

Photo :
  • Youtube Satuan Kerja LRT Jabodebek

 

Selanjutnya, fasilitas unggulan Depo LRT Jabodebek yaitu terdapat Automatic Train Wash Plant (ATWP) sebanyak satu jalur, yang digunakan sebagai tempat pencucian sarana LRT Jabodebek secara otomatis. 

Pencucian otomatis ini sangat efektif dan efisien, karena memiliki sistem pengolahan air limbah (Water Treatment System) dimana air hasil pencucian diolah agar tidak mencemari lingkungan. 
 
“KAI sangat memperhatikan faktor lingkungan untuk proses pencucian LRT Jabodebek. Untuk pembilasan akhir pun, KAI menggunakan Demineralizing Water atau air murni tanpa kandungan mineral atau zat-zat kimia sehingga tidak mencemari lingkungan," ujar Joni.

LRT Jabodebek.

LRT Jabodebek.

Photo :
  • PT KAI

Saat ini, progres LRT Jabodebek secara keseluruhan telah mencapai 84,22 persen. Berbagai aspek telah dipersiapkan melalui berbagai tahap pengujian, untuk menjamin keandalan operasional dan keselamatan pelanggan ke depannya.
 
"KAI mempersiapkan moda LRT Jabodebek sebaik mungkin dengan berbagai peralatan modern dan berkualitas. Sehingga dalam jangka waktu yang panjang, transportasi LRT Jabodebek tetap dapat diandalkan," ujarnya.