Banyak Beredar Meterai Elektronik Palsu, Begini Cara Cek Keasliannya

Ilustrasi meterai elektronik
Ilustrasi meterai elektronik
Sumber :
  • Dok: e-meterai

VIVA Bisnis – Kasus penipuan yang terjadi di tengah masyarakat nampaknya akan selalu ada. Salah satunya adalah kasus penipuan dalam penjualan meterai elektronik, sehingga masyarakat diminta agar selalu mawas diri dan berhati-hati. 

Kali ini kasus penipuan dalam penjualan meterai elektronik ditemukan, yaitu meterai elektronik yang dijual adalah palsu atau sudah pernah digunakan oleh orang lain sebelumnya. 

Hal ini tentu akan merugikan bagi pembelinya karena meterai yang dibeli menjadi tidak bisa digunakan. Selain itu, adanya penjualan meterai ‘palsu’ juga berpotensi merugikan negara dan masyarakat karena meterai elektronik merupakan suatu tanda pembayaran pajak atas dokumen elektronik.

Baca juga: Bahlil Sebut Isu RI di Ujung Resesi Dibuat Orang yang Kufur Nikmat

Direktur Pengembangan Usaha Peruri, Fajar Rizki mengungkapkan bahwa modus yang digunakan penipu adalah biasanya dengan cara meminta dokumen yang akan dibubuhkan meterai elektronik dalam format word. 

Padahal, dokumen yang digunakan untuk dibubuhkan meterai elektronik hanya dapat berupa format pdf. Sehingga jika ada penjual meterai elektronik yang meminta dokumen dalam bentuk selain pdf, patut dicurigai bahwa meterai yang dijual tidak asli dan sebaiknya tidak untuk diteruskan. 

Untuk itu, pembelian e-meterai sebaiknya langsung melalui distributor resmi dari Peruri dan menghindari pembelian melalui e-commerce. 

Halaman Selanjutnya
img_title