Ancaman Resesi AS Mereda, Rupiah Menguat ke Rp14.748 per Dolar

Rupiah Menguat
Rupiah Menguat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Jumat pagi 12 Agustus 2022. Terpantau pukul 09.20 WIB rupiah menguat sebesar 17 poin atau 0,37 persen ke posisi Rp14.748 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.765 per dolar AS.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.799 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan inflasi AS yang turun menjadi 8,5 persen pada Juli masih mendekati level tertinggi selama beberapa dekade.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Akhir Pekan Turun, Ini Penyebabnya

"Laju kenaikan harga turun di AS pada Juli karena harga gas menurun. Hal ini menurunkan tingkat inflasi tahunan menjadi 8,5 persen, masih mendekati level tertinggi multi-dekade, tetapi lebih rendah dari puncak empat dekade yang dicapai pada Juni 2022 sebesar 9,1 persen," kata Ibrahim dalam risetnya, Jumat 12 Agustus 2022.

Ibrahim menjelaskan, dengan inflasi tersebut akan berdampak terhadap harga minyak mentah dunia. Karena saat ini ekonomi AS bergeliat, maka permintaan energi akan naik.

"Jadi wajar saja harga minyak ikut terungkit. Dan ini merupakan sinyal negatif terutama bagi Indonesia, karena harga bahan bakar minyak (BBM) akan ikut melonjak," jelasnya.