BUMN Perbankan Sumbang Dividen Terbesar Semester I-2022

Direktur PNBP SDA dan Kekayaan Negara Dipisahkan Kemenkeu Kurnia Chairi.
Sumber :
  • Anisa Aulia/VIVA.

VIVA Bisnis – Direktur Penerimaan Negara Bukan Pajak Sumber Daya Alam dan Kekayaan Negara Dipisahkan Direktorat Jenderal Anggaran, Kementerian Keuangan Kurnia Chairi mengungkapkan, UMN perbankan menjadi sektor yang menymbang dividen tinggi bagi negara hingga Juli 2022.

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

Dalam hal ini Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyumbang tertinggi sebesar Rp14,05 triliun yang diikuti oleh Bank Mandiri senilai Rp8,75 triliun.

"BUMN yang berasal dari sektor perbankan dari Mandiri, BRI, BNI itu hampir bisa dikatakan menyumbang dividen setiap tahun. Dan masuk ke dalam kelompok yang cukup tinggi menyetorkannya," kata Kurnia dalam telekonferensi, Jumat 12 Agustus 2022.

Ketahui Manfaat dan Risiko Saham Blue Chip, Dapatkan Dividen yang Konsisten

Adapun pada BUMN sektor energi jelasnya, PLN menjadi BUMN yang jarang menyetorkan dividennya kepada negara. Sedangkan Pertamina selalu menyetorkan, di mana pada Juli 2022 sebesar Rp0,73 triliun.

Gedung Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

"Pertamina memang masih menyetorkan, tapi PLN tidak masuk lagi ke dalam 10 besar. Namun Pertamina terus konsisten sejak tahun 2018 menjadi penyumbang dividen BUMN," jelasnya.

Kurnia melanjutkan, jika dicermati dari sisi pertumbuhan ekonomi telekomunikasi menjadi sektor yang prospeknya menjanjikan. Sebab di 2021 Telkom menjadi BUMN penyumbang dividen utama bagi negara sebesar Rp8,67 triliun, dan di 2022 hinga Juli senilai Rp7,74 triliun.

"Di tahun 2021 ini Telkom menjadi penyumbang utama, yang di tahun 2022 ini juga Telkom masih tetap walaupun dalam urutan lebih rendah. Dibandingkan Mandiri dan BRI, namun secara besaran masih tetap tinggi," terangnya.

Sementara, BUMN Pelindo di tahun ini juga masih menyetorkan dividennya. Untuk di 2021 Pelindo menyetorkan sejumlah Rp0,56 triliun, dan di tahun ini meningkat menjadi Rp1,32 triliun.

Indeks IDX High Dividend 20

Photo :
  • U-Report

"Nah ini mencerminkan juga aktivitas ekonomi pergerakan orang, barang yang dikelola Pelindo tadi ini meningkat. Jadi ekonomi juga meningkat di tahun 2021, sehingga setorannya di tahun 2022 ini cukup tinggi," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya