Rupiah Pagi Ini Melemah ke Rp14.685 per Dolar AS

Nilai tukar rupiah dolar.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Senin pagi 15 Agustus 2022. Terpantau pukul 09.08 WIB rupiah melemah sebesar 17 poin atau 0,20 persen ke posisi Rp14.685 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp14.668 per dolar AS.

Gempuran Iran ke Israel Bisa Picu Perang Dunia, Intip Dampaknya ke Bursa, Rupiah, hingga Komoditas

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.688 per dolar AS.

Analis Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini masih berpeluang menguat hari ini. Hal itu melanjutkan momentum penguatan karena data inflasi AS terlihat menurun.

Rupiah Sentuh Rp 16.128 per Dolar AS, Airlangga: Sedikit Lebih Baik dari Malaysia dan China 

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa

"Selain itu, dukungan dari data neraca perdagangan Indonesia bulan Juli yang diperkirakan masih surplus juga mendukung penguatan rupiah. Surplus membantu suplai dollar di tanah air," kata Ariston kepada VIVA, 15 Agustus 2022. 

Rupiah Melemah, BI Koordinasi dengan Pemerintah Lakukan Langkah Stabilisasi

Ariston mengatakan, data ekonomi China bulan Juli seperti data produksi industri, tingkat pengangguran dan penjualan ritel yang diperkirakan membaik juga bisa memberikan sentimen positif untuk aset emerging market termasuk rupiah.

"Karena perekonomian China sebagai pasar dan produsen sangat berpengaruh ke negara lainnya," jelasnya. 

Namun di sisi lain, pasar masih mewaspadai kebijakan kenaikan suku bunga acuan AS meskipun inflasi AS mulai tertahan seperti yang disuarakan oleh para petinggi the Fed. Di mana sentimen itu bisa menekan rupiah.

Adapun potensi penguatan ke kisaran Rp14.630. Sedangkan potensi resisten ke kisaran Rp14.700.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya