Siap-siap, Pemerintah Beri Sinyal Harga BBM Bakal Naik Lagi

Ilustrasi harga BBM.
Ilustrasi harga BBM.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA Bisnis – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan, pemerintah saat ini sedang mempertimbangkan untuk menaikkan lagi harga bahan bakar minyak (BBM). 

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso mengatakan, Menteri Keuangan dan Menteri Investasi saat ini sedang melakukan penghitungan besaran kenaikan harga BBM.

"Menkeu dan Pak Bahlil ini menyampaikan kita sedang berhitung ada kemungkinan, tentunya ini masih kita bahas lagi," ujar Susi kepada awak media di Sarinah, Senin 15 Agustus 2022.

Ilustrasi harga BBM.

Ilustrasi harga BBM.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

APBN Juga Punya Batas untuk Subsidi Harga BBM

Dia menjelaskan, anggaran subsidi BBM saat ini sudah cukup tinggi, yakni di angka Rp502 triliun. Untuk itu, pemerintah saat ini sedang menjajaki berbagai opsi. 

"Pemerintah sedang menjajaki opsi-opsi kalau APBN cukup berat apakah ada kenaikan atau enggak. Sudah disampaikan Bu Menkeu sama Pak Menteri Investasi, kita sedang bahas finalisasi," jelasnya. 

Susi menuturkan, saat ini APBN sudah cukup berat menanggung beban subsidi BBM bagi masyarakat. Dia menegaskan, APBN memiliki batas tersendiri.

"APBN kita terlalu berat buat absorb itu, sehingga harus dipahami rakyat. Kalau pun naik kita akan buat jangan terlalu berat dan yang pasti kalau ada kenaikan kita siapkan bansos-bansos lagi dan ini lebih fair," ujarnya.

Sebab saat ini, Susi mengatakan, subsidi BBM tidak dinikmati oleh masyarakat yang betul-betul membutuhkan. "Yang pakai mobil-mobil juga pakai," tambahnya.