Menhub: Bandara Halim Beroperasi 15 September 2022

Bandara Halim Perdanakusuma Sebelum Ditutup untuk Revitalisasi
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, melakukan peninjauan progres pengembangan Bandara Halim Perdanakusuma, yang berada Jakarta Timur.

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi

Melalui laman Instagram pribadinya @budikaryas, Budi menjelaskan bahwa peninjauan ini dilakukannya untuk memastikan dukungan konektivitas dan layanan penerbangan internasional.

"Pembangunan sisi darat (landside) bandara difokuskan untuk mempercantik terminal guna menyambut tamu negara," kata Budi Karya dalam postingannya, dikutip Senin 15 Agustus 2022.

Mudik Lebaran 2024, Ini Titik Kemacetan di Bandara Soetta

Penampakan desain baru Bandara Halim Perdanakesuma.

Photo :
  • Instagram @ptwijayakarya

Budi Karya menjelaskan, bangunan terminal Bandara Halim ini mengusung konsep tradisional, yang dipadukan dengan desain modern pada interior yang dihasi lukisan-lukisan.

Cegah Lonjakan Lalu Lintas Saat Mudik Lebaran, AP II Operasikan East Flyover di Bandara Soetta

"Saya berharap bandara yang difungsikan khusus untuk menyambut tamu negara ini dapat beroperasi pada 15 September 2022 mendatang," ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Novie Riyanto mengatakan, pihaknya akan merevitalisasi Bandar Udara Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta, guna meningkatkan faktor keselamatan penerbangan.

"Hal ini dilakukan mengingat Bandara Halim punya fungsi yang vital, namun  terjadi penurunan kualitas elemen bandara terutama runway," kata Novie pada Jumat 5 November 2021 silam.

Dia menjelaskan, pembahasan intensif juga dilakukan melalui koordinasi bersama antara Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara, Kementerian Keuangan, Angkasa Pura II, serta pemangku kepentingan terkait lainnya.

"Kami sedang menyiapkan desain sisi udara seperti rekonstruksi runway dan perbaikan sistem drainase. Hal-hal tengah kami bahas dengan berbagai pihak," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya