Harga Pertalite Bakal Naik, Erick Thohir: Pertamina Tunggu Penugasan

Pertalite raib di sejumlah SPBU di Jabodetabek.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA Bisnis – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menanggapi wacana kenaikan harga BBM jenis Pertalite. Dia mengaku, sampai saat ini rencana itu masih dibahas meskipun belum ada keputusan dalam bentuk penugasan.

HUT Ke-61, Taspen Tegaskan Komitmen Genjot Kesejahteraan Masyarakat

"Kan masih dibahas, belum ada putusannya," kata Erick saat ditemui di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022.

Erick menjelaskan, apabila nanti koordinasi yang dilakukan antara Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan, dan Kementerian BUMN sudah memiliki keputusan terkait wacana tersebut, barulah kebijakan itu akan dilaksanakan oleh Pertamina.

BUMN Indofarma Belum Bayar Gaji Karyawan: Benar, Kami Belum Memiliki Kecukupan Dana

"Jadi kan dari Kemenko Perekonomian, Menteri ESDM, dan Menkeu. Kalau putusannya sudah ada, baru ada penugasan di Pertamina," ujarnya.

Erick Sebut Pertamina Hanya Ditugaskan

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

Ketika ditanya apakah dari Pertamina sendiri merasa ada kebutuhan untuk menaikkan harga Pertalite, Erick pun membantah hal tersebut. Dia menegaskan, keputusan menaikkan harga Pertalite ada di tangan pemerintah, sementara Pertamina hanya sebagai pelaksananya saja.

"Kembali, kebijakannya kan di pemerintah, Pertamina kan hanya ditugaskan," kata Erick. 

Pertalite

Photo :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

Kalau pun rencana menaikkan harga Pertalite sampai terjadi, lanjut Erick, maka itu berarti pemerintah telah melakukan pengurangan subsidi terhadap BBM tersebut. Namun, Erick kembali menegaskan bahwa seberapa besar subsidi bagi Pertalite akan dikurangi, hal itu masih belum diputuskan sampai saat ini.

"Jadi sampai hari ini saya sebagai menteri BUMN belum mendapatkan keputusan seperti itu, saya tunggu saja. Tapi kan itu artinya pengurangan subsidi kan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya