Anggaran Pembangunan IKN di 2023 Capai Rp23 Triliun, Tersebar di 5 K/L

Lokasi Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara.  Sepaku dan Samboja,  Kutai Kartanegara, akan menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia.
Lokasi Kecamatan Sepaku di Kabupaten Penajam Paser Utara. Sepaku dan Samboja, Kutai Kartanegara, akan menjadi lokasi ibu kota baru Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA Bisnis – Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyebutkan, anggaran Ibu kota Negara (IKN) Nusantara di 2023 dialokasikan sebesar Rp23 Triliun yang tersebar di sejumlah kementerian dan lembaga (K/L). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi penerima anggaran terbesar pada pembangunan IKN sebesar Rp20,8 triliun.

K/L penerima alokasi IKN 2023 di antaranya Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Polri, dan BKPM.

"Seluruhnya kira-kira ada sekitar Rp23 triliun dan memang yang terbesar di kementerian PUPR sekitar Rp20,8 triliun," ujar Suharso dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2023, Selasa 16 Agustus 2022.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa dan pemenang sayembara Ibu Kota.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa dan pemenang sayembara Ibu Kota.

Photo :
  • VIVAnews/Fikri Halim

Suharso menyebutkan, alokasi anggaran tersebut sudah sesuai dengan proyeksi yang telah disusun. Di mana sebesar 20 persen diharapkan dapat diatasi oleh APBN.

"Isinya adalah kita harapkan antisipasi dari swasta, baik dalam negeri maupun luar negeri. Jadi di luar Rp23,6 triliun ini pada tahun depan ada partisipasi dari sektor swasta,' jelasnya.

Menteri PUPR Jelaskan Fokus Pembangunan IKN

Menteri Basuki dan Menteri Sri Mulyani kunjungi proyek IKN.

Menteri Basuki dan Menteri Sri Mulyani kunjungi proyek IKN.

Photo :
  • Istimewa.

Dalam ksesmpatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, fokus pembangunan IKN ada di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP). Pembangunan itu di antaranya perkantoran presiden, perkantoran wakil presiden dan jalan tol.

"Jalan tol dari Balikpapan ke IKN dan sekarang sudah tender semua. Mungkin sekarang sudah dalam masa sanggah jadi insya Allah akhir bulan ini sudah bisa ditandatangani kontraknya," katanya.

Degan pembangunan jalan tol Balikpapan-IKN itu waktu tempuh perjalanan hanya 30-40 menit.

"Jadi itu semua sudah kita tenderkan dengan total anggaran tahun ini sekitar Rp5,4 triliun. Kemudian tahun depan Rp20,8 triliun," paparnya.