Ganjar Ogah Dikasih BI Uang Rupiah Versi Baru, Ini yang Dilakukan

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno/ VIVA.

VIVA Bisnis – Bank Indonesia hari ini Kamis (18/8), meluncurkan uang kertas pecahan tahun emisi 2022, mulai  dari Rp 1.000 hingga Rp 100.000. Peluncuran tersebut serentak dilakukan di seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Tengah.

KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

Ada kejadian unik saat peluncuran uang tersebut dilakukan oleh Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah, di Semarang.

Setelah acara seremoni perilisan uang emisi baru tahun 2022 tersebut, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra menyerahkan buku album berisi tujuh uang rupiah dengan desain baru itu mulai pecahan Rp 1.000 sampai Rp 100.000.

Hormati Putusan MK, Eks Ketum PB HMI: Saatnya Bekerja untuk Indonesia Maju

“Ini pak uang kertas yang baru, dari pecahan seribu sampai seratus ribu. Ini nomor serinya angka cantik pak, angka tahun kelahiran bapak,” kata Rahmat seraya menyerahkan album uang baru kepada Ganjar Pranowo.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa
MK Tolak Seluruh Gugatan Anies dan Ganjar, La Nyalla: Mari Lupakan Pertikaian, Kembali Guyub

Begitu menerima, Ganjar langsung membuka dan melihat desain dari pecahan uang kertas rupiah yang baru. Ia pun menghitung nominal dari uang-uang tersebut. Setelah di total, jumlahnya Rp 188.000 dalam pecahan rupiah yang baru.

Ganjar pun merogoh kantong dan menukar uang baru tersebut dengan uang pecahan lama yang ia punya, sesuai nominal yang tertera.

“Karena ini uang baru buat saya pribadi, maka biar enggak jadi gratifikasi, uang ini saya saya tukar ya. Ini lihat, saya tukar ya,” kata Ganjar disambut tawa hadirin.

Uang Rupiah Kertas Emisi 2022

Photo :
  • Youtube Bank Indonesia

Sebagai informasi, ada tujuh pecahan uang baru tahun emisi 2022 yang secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan diedarkan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertepatan pada HUT-77 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia seperti gambar tarian, pemandangan alam, dan flora, pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016.

Laporan Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya