Kemenhub Ajak Swasta Investasi Kembangkan Jembatan Timbang

Penertiban Truk ODOL di Tol Jakarta-Tangerang.
Sumber :
  • Dokumentasi Jasa marga.

VIVA Bisnis – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perubungan akan meningkatkan fungsi jembatan timbang. Sehingga alat yang berfungsi sebagai alat pengawasan muatan angkutan barang bisa lebih optimal.

Naik Drastis! Ada 1,2 juta Orang Naik Angkutan Umum di Hari Terakhir Libur Lebaran

Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Popik Montanasyah mengungkapkan, nantinya, jembatan timbang Tidak hanya berfungsi sebagai sarana pemantauan kendaraan angkutan barang semata. 

"Saat ini beberapa Jembatan Timbang juga dikerjasamakan dengan pihak ketiga untuk rest area. Sehingga bisa menggerakkan perekonomian masyarakat sekitar yang disebabkan dengan dibukanya rumah makan ataupun warung-warung yang menjual kebutuhan para supir, dan masyarakat lainnya,” kata Popik pada Senin, 22 Agustus 2022.

Cegah Kecelakaan Maut, Kemenhub Wajibkan Penggunaan Sabuk Pengaman untuk Penumpang Bus

Menhub Minta Kualitas Jembatan Timbang Ditingkatkan

Photo :
  • fikri halim/VIVA.co.id

Ditambahkannya bahwa hal ini seperti Jembatan Timbang di Riau, di mana untuk mengoptimalkan lahan dan memberi masukan terhadap Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dan Kemenhub juga membuka kesempatan bagi pihak swasta untuk mengelola jembatan timbang dengan sistem Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), kerjasama pemanfaatan atau kerja sama sewa.

Anggota DPR Puji Pemerintah Antisipasi Macet Parah Sepanjang Arus Mudik 2024

Dijelaskan juga oleh Popik bahwa sesuai peraturan yang ada telah jelas bahwa dimensi kendaraan dan muatan harus sesuai dengan ketentuan yang ada. Namun dikarenakan ada yang melakukan pelanggaran maka pihaknya melalukan pengawasan, memberi imbauan hingga tindak tegas kepada sejumlah angkutan yang menyalahi aturan.

“Yang jelas dalam ketentuan jika angkutan barang melebihi batas bawan akan dikenakan teguran, dan kelebihan muatan tersebut bisa disimpan di Jembatan Timbang atau dipindahkan ke kendaraan lain,” katanya.

Jembatan timbang

Photo :
  • Dokumentasi Kemenhub

Popik juga menegaskan saat ini Pemerintah akan mengoptimalkan fungsi dan tugas dari Jembatan Timbang, yaitu mengukur, dihitung dan penindakan bagi yang melakukan pelanggaran. Yaitu dengan mulai memberikan surat teguran hingga pemindahan muatan yang berlebih.

“Dan dengan optimalisasi Jembatan Timbang tersebut, Kemenhub ingin menghapus stigma kalau lokasi tersebut merupakan tempat dilakukannya pungutan liar (pungli). Ini kami tegaskan bahwa bagaimana bisa terjadi pungli, di Jembatan Timbang itu dipasang banyak CCTV. Sehingga jika ada oknum yang melakukan tersebut dapat ditindak,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya