Topping Off, Menara Syariah Bakal Jadi Pusat Keuangan Syariah Dunia

Topping off MEnara Syariah di PIK 2.
Sumber :
  • Dokumentasi PIK 2.

VIVA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan pemasangan atap atau Topping Off Menara Syariah, yang menjadi bagian dari Pusat Keuangan Syariah Internasional di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, di Jakarta.

Raup Laba Bersih Rp 2,6 Triliun pada 2023, Bank Permata Bagikan Dividen Rp 904,5 Miliar

Proyek tersebut dibangun oleh Agung Sedayu Group dan Salim Group sebagai tempat sinergi seluruh kekuatan keuangan Syariah di Indonesia. Pengembangannya melalui PT Fin Centerindo Satu, sebuah perusahaan joint-venture antara Agung Sedayu Group, Salim Group, PT Fin Centerindo Dua dan Matrix Concepts Malaysia. 

Pembangunan menara kembar dimulai pada awal 2021 dan telah menghabiskan dana sekitar Rp3,4 triliun. Tahap awal pengembangan Islamic Financial Centre adalah pembangunan Menara Syariah, yaitu dua bangunan kembar dengan luas bangunan 100.000 m2 dan akan menampung sekitar 5.000 pekerja. 

BSD dan PIK 2 Masuk Daftar PSN, Ini Penjelasan Lengkap Pemerintah

Presiden Direktur Agung Sedayu Group Nono Sampono menyatakan, cita-cita untuk mewujudkan Jakarta menjadi Pusat Keuangan Syariah Internasional merupakan tantangan dan memerlukan konsolidasi dari seluruh stakeholders keuangan syariah Indonesia.

Menara Kembar pusar keuangan dan ekonomi syariah di PIK 2.

Photo :
  • Dokumentasi PIK.
Impresi Singkat Chery Tiggo 5X, SUV Baru Harga Rp200 Jutaan

Meliputi regulator yaitu OJK, BI, Kementerian Keuangan dan Kementerian lain terkait. Serta sejumlah asosiasi seperti  Asosiasi Ahli Syariah: KNEKS, MES, IAEi dan lainnya, serta Pelaku industri syariah seperti Perbankan, IKNB, Pasar Modal,Lembaga Jasa Keuangan Khusus Syariah, LKMS dan lainnya. 

"Dengan bersatunya kekuatan semua stakeholders tersebut, Insya Allah Indonesia akan menjadi salah satu Pusat Keuangan Syariah Dunia yang diperhitungkan selain Dubai, Bahrain, Doha, Riyadh, Istambul dan Kuala Lumpur,” kata Nono, Selasa, 23 Agustus 2022.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf dalam sambutannya menyatakan, Menara Syariah PIK2 dibangun atas tujuan mulia. Dia berharap Pusat Keuangan Syariah Internasional PIK2 dapat menjadi pusat keuangan syariah terbesar di Asia Tenggara.

"Kita harapkan pula menjadi yang terbesar di Kawasan Asia Tenggara, bahkan menjadi Islamic Finance Hub yang memainkan peran vital dalam industri keuangan syariah dunia," harapnya.

Lebih lanjut dia optimistis, pembangunan Menara Syariah PIK2 bisa berjalan tepat waktu dan segera difungsikan dengan baik. Agar bisa menjadi sentra aktivitas pelaku industri syariah.

"Terima kasih dan apresiasi saya sampaikan kepada Agung Sedayu Group, Salim Group, Matrix Concepts Holding Berhad, PT Fin Centerindo Satu, para investor dalam dan luar negeri, dan seluruh pihak yang telah mendukung pembangunan Menara Syariah," ujarnya.

Ma'ruf berharap kolaborasi pemerintah dan dunia usaha dalam pembangunan Menara Syariah PIK2 kian memacu roda keuangan syariah di Tanah Air.

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirrahim Topping Off Menara Syariah saya nyatakan diresmikan," ujar Wapres. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya