Dongkrak Pariwisata, Begini Cara Holding BUMN IFG Promosi Labuan Bajo

Labuan Bajo
Sumber :
  • BPOLBF

VIVA Bisnis – Indonesia Financial Group (IFG) sebagai BUMN Holding Asuransi, Penjaminan, dan Investasi, berkomitmen ikut mempromosikan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai Destinasi Super Prioritas (DSP). Hal ini disebut dalam rangka untuk mendorong peningkatan perekonomian nasional.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Direktur Utama IFG, Robertus Billitea mengatakan, dalam upaya mempromosikan Labuan Bajo itu pihaknya telah menjalin kolaborasi dengan para anggota holding, untuk menggelar perhelatan akbar 'IFG Labuan Bajo Marathon 2022' pada 29 Oktober 2022 mendatang. 

"Event ini juga merupakan bentuk dukungan IFG untuk mendorong lahirnya generasi baru atlet-atlet lari dari NTT," kata Robertus dalam keterangannya, Jumat 26 Agustus 2022.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

Sekitar 1.500 pelari lokal, nasional, dan internasional, akan berpartisipasi dalam 'IFG Labuan Bajo Marathon 2022' ini. Robertus berharap, ajang ini bakal menghidupkan kembali kejayaan NTT sebagai lumbung para atlet lari/atletik Indonesia. Acara ini IFG akan menjadi event marathon berskala besar pertama di Labuan Bajo, dengan konsep 'sport tourism' atau wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga. 

"Ini merupakan bentuk nyata dukungan terhadap pemerintah Indonesia, yang menjadikan Labuan Bajo sebagai destinasi wisata eksklusif serta memanfaatkan tren marathon yang kian naik daun saat ini," ujarnya.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Senada, Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga, optimistis bahwa 'IFG Labuan Bajo Marathon 2022' akan mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional, khususnya di sektor pariwisata.

Gelaran ini akan turut mendukung semakin kuatnya Labuan Bajo, sebagai tempat wisata super prioritas di Indonesia. Karena jika acara ini sukses digelar, maka UMKM-UMKM di Labuan Bajo juga akan terdukung, tidak hanya di Labuan Bajo saja tapi juga tentunya di NTT.

"Ini akan menjadi lompatan besar, karena Indonesia setelah kondisi (pandemi) corona saat ini akan menuju support besar terhadap pariwisata Indonesia," ujarnya.

Diketahui, untuk mendukung 'IFG Labuan Bajo Marathon 2022' dalam melahirkan atlet-atlet muda di bidang atletik, IFG menggandeng Dinas Pemuda dan Olah Raga NTT serta PASI NTT menggelar ajang pencarian bibit atlet.

Ajang itu akan menjaring 400 siswa dan siswi dari 100 SMA di seluruh wilayah NTT, yang nantinya akan dilatih selama dua bulan oleh pelatih lari bersertifikat dari International Amateur Athletic Federation (IAAF) dan PASI, coach Agung Mulyawan, sebelum terjun langsung di kategori 5k.

'IFG Labuan Bajo Marathon 2022' ini juga akan mencakup Full Marathon (42K), Half Marathon (21K), 10K, dan 5K. Selain kategori individu atau perorangan, ajang ini juga melombakan kategori kelompok di Ekiden (Estafet 5K) dan lomba khusus anak-anak di kategori Kids Dash (lomba sprint 100 meter untuk anak-anak).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya