Pemerintah Anggaran Bantuan Perumahan Naik Jadi Rp 34 T pada 2023

Hari Perumahanan Nasional (Hapernas).
Hari Perumahanan Nasional (Hapernas).
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA Bisnis – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mendapatkan penghargaan dari Pemerintah sebagai bank yang berhasil menyalurkan KPR Subsidi Terbanyak untuk semua segmen di Indonesia. Apresiasi itu diberikan pada puncak Hari Perumahanan Nasional (Hapernas) yang digelar kemarin.

Dalam kesempatan itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan, Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa Pemerintah tetap berkomitmen mwujudkan hunian layak dan terjangkau bagi masyarakat. Di antaranya dengan memastikan anggaran subsidi dari Pemerintah untuk program pembiayaan rumah subsidi. 

“Pemerintah  memastikan FLPP terus naik dengan mitra BTN ini di mana tahun depan anggaran yang disediakan Pemerintah untuk FLPP sebanyak 220.000 unit, secara keseluruhan bantuan Pemerintah untuk perumahan naik dari Rp 29 triliun tahun ini menjadi Rp 34 triliun tahun depan,” kata Basuki.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Photo :
  • Dok. PUPR

Dalam kesempatan itu, Basuki pun mengajak generasi muda untuk membel rumah idamannya. Misalnya rumah dengan sistem Transit of Development (TOD). 

“Kalau TOD beli rumah dapat kereta api, jadi punya rumah setiap saat dijemput kereta api, yang kedua kalau mengontrak harga pasti naik, sementara kalau cicilan makin lama makin kecil,” kata Basuki.

Lebih lanjut dia mengharapkan, ada gotong royong, BTN, REI, APERSI, HIMPERRA dan seluruh pemangku kepentingan di sektor properti. Sehingga target Pemerintah untuk menyediakan rumah yang terjangkau bagi masyarakat bisa terwujud.