Antisipasi Inflasi Tinggi, Begini Strategi Pemkot Tangerang

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah
Sumber :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

VIVA Bisnis – Sejumlah daerah mulai melakukan antisipasi dalam mencegah inflasi terjadinya inflasi tinggi. Salah satunya Pemerintah Kota Tangerang yang melakukan pencegahan melalui program-program yang inovatif.

RKP 2025 Sudah Disusun dengan Prioritaskan Program Prabowo-GIbran, Ini Rinciannya 

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, saat ini kondisi inflasi di Kota Tangerang berdasarkan data dari BPS sebesar 4,5 persen, di bawah nasional sebesar 4,9 persen.

"Nilai inflasi kita di bawah nasional, meski demikian kita tetap harus bisa merumuskan strategi yang bisa mengendalikan inflasi dan mendorong ekonomi. Sehingga, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan," katanya, Kamis, 1 September 2022.

Rupiah Sentuh Rp 16.200 per Dolar AS, Begini Prediksi Terbaru Astronacci

Ilustrasi karya inovasi pelajar untuk bidang pertanian

Photo :
  • ist

Salah satunya melalui UMKM, yang memiliki peran penting dalam menggerakkan perekonomian masyarakat. Terutama di tengah ancaman resesi global sebagai dampak perang Rusia-Ukraina dan juga COVID-19.

Terima Menlu China di Istana, Jokowi Bahas IKN hingga Kereta Cepat Sambung Surabaya

"Kecamatan terus lakukan pembinaan UMKM, Sebab, UMKM itu tulang punggung ekonomi nasional termasuk di daerah," ujarnya.

Lalu, perluasan program urban farming, lantaran, berdasarkan data BPS penyumbang inflasi terbesar adalah dari konsumsi energi dan konsumsi makanan seperti cabai merah dan bawang merah.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah.

Photo :
  • Sherly / VIVA.

"Perluasan urban farming juga perlu di mana, bisa mengajak anak-anak di sekolah untuk dilibatkan, ajak mereka belajar berkebun tanaman-tanaman cepat panen, misal menanam cabai, tomat dan lainnya," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya