Digitalisasi UMKM Target 20 Juta, Kemenparekraf-Shopee Buat AKI 2022

Menparekraf Sandiaga Uno di Acara AKI 2022 di Sidoarjo
Sumber :
  • VIVA/ Nur Faishal

VIVA Bisnis – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Shopee, menggelar acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) di Mall Lippo Plaza Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat 2 September 2022. Diharapkan, kegiatan tersebut turut mendorong terwujudnya target 20 juta UMKM sudah terdigitalisasi pada tahun 2023.

Shopee Berani Garansi Paket Sampai Tepat Waktu, Simak Kompensasi dan Cara Klaimnya

Hadir di acara bertema ‘Produk Indonesia untuk Ekonomi Kuat’ itu, Menparekraf Sandiaga Uno dan Head of Government Affairs Shopee Indonesia Ade Mulya. AKI 2022 sendiri merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf, yang menyasar 16 kabupaten dan kota di Indonesia.

Sandiaga menegaskan, bahwa dirinya akan terus meningkatkan jumlah pelaku ekonomi kreatif untuk siap go-digital. Ditargetkan, ada 20 juta UMKM yang terdigitalisasi di akhir 2023 dan onboarding di platform e-commerce, agar produk ekonomi kreatif Indonesia tidak hanya bisa Go-Nasional, tapi juga Go-Internasional.

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

"Untuk itu, mari kita bergandengan tangan untuk menghadapi tantangan di depan mata. Kita lanjutkan perkembangan Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang telah membuat banyak kemajuan, untuk ciptakan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dan bangun kondisi sosio-ekonomi masyarakat" kata Sandi.

Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya menegaskan komitmen Shopee selaku mitra Kemenparekraf dalam penyelenggaran AKI 2022 dalam mendukung digitalisasi UMKM termasuk di sektor ekonomi kreatif. 

Deretan Solusi Ampuh Merawat Kulit Wajah Kesayangan Anda

“Shopee ingin terus menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia,” ujarnya.

“Termasuk dalam proses digitalisasi dan pengembangan bisnis mereka. Potensi besar dari pegiat UMKM mendorong kami untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Sidoarjo dan sekitarnya," imbuh Ade.

Ia mengatakan, sinergi bersama Kemenparekraf melalui AKI diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal agar mereka semakin merasakan manfaat dari platform digital untuk mengembangkan bisnisnya.

"Tidak hanya secara lokal, namun juga nasional. Langkah ini sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya