Amankan Sistem dan Transaksi Digital, BTN Gandeng BSSN

Kerja sama BTN Dan BSSN.
Sumber :
  • Dokumentasi BTN.

VIVA Bisnis – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meningkatkan keamanan sistem dan transaksi digital di perseroan. Upaya itu dilakukan dengan menggandeng Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo menjabarkan, saat ini perseroan telah membangun ekosistem pembiayaan perumahan dan transaksi keuangan berbasis digital. Mulai dari proses pendirian hingga perawatan hunian. 

Hal itu ditegaskan Haru di sela penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bank BTN dengan BSSN tentang Perlindungan Informasi dan Transaksi Elektronik di Menara BTN, Jakarta, Senin, 5 September 2022.

Dorong Ekosistem Ekonomi Keuangan Digital, BI Bali Gelar Baligivation Festival 2024

“Tentunya harus dilengkapi dengan proteksi maksimal. Kerja sama dengan BSSN ini menjadi wujud komitmen kami dalam memprioritaskan kenyamanan dan keamanan nasabah terutama dalam melakukan transaksi perbankan elektronik,” tutur Haru dikutip dari keterangannya.

Direksi BTN.

Photo :
  • Dokumentasi BTN.
Kinclong Sepanjang Hari, Nilai Transaksi Perdagangan Saham BUMI Capai Rp 412 miliar

Haru menjelaskan di tengah pertumbuhan layanan digital BTN yang signifikan, perseroan juga telah memenuhi standar pengamanan informasi di tingkat internasional. Pemenuhan tersebut sejalan dengan ketentuan regulator terkait keamanan informasi di layanan digital. 

Sementara itu Kepala BSSN Letnan Jenderal TNI (Purn) Hinsa Siburian mengatakan, BSSN dibentuk untuk menjaga keamanan siber secara efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta mewujudkan keamanan nasional.

BSSN kembangkan pembangunan smart city.

Photo :
  • Dokumenatasi BSSN.

“Kami mengapresiasi BTN yang menjadikan keamanan transaksi digital sebagai prioritas. BSSN akan menjaga keamanan transaksi digital termasuk dari berbagai ancaman digital,” jelas Hinsa. 

Sebagai informasi, hingga Maret 2022, BTN mencatat jumlah transaksi nasabah melalui kanal mobile banking dan internet banking naik sebesar 51,59 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). 

Sedangkan, kanal digital milik BTN di bidang KPR yakni portal BTN Properti pun telah dikunjungi lebih dari 15 juta pengguna internet hingga Maret 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya