Gandeng Perumnas, Serikat Awal Kapal Buat Program Rumah bagi Pelaut

Ilustrasi perumahan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA Bisnis – Program kepemilikan rumah bagi pelaut Indonesia mulai digalakkan. Salah satunya diinisiasi oleh Dewan Pimpinan Pusat Serikat Awak Kapal Transportasi Indonesia (SAKTI) yang bekerja sama dengan Perum Perumnas sebagai BUMN penyedia hunian.

Gegara Bocah Main Petasan, Kap Mesin Mobil BMW X1 Terbakar

Ketua Umum SAKTI, Dewa Nyoman Susilayasa menegaskan komitmennya untuk terus memperjuangkan kesejahteraan pelaut Indonesia. Dewa menyebut program ini adalah bentuk upaya dalam memenuhi kebutuhan rumah bagi pelaut dan kewajiban moril organisasi. Sebab, salah satu misinya adalah mengamanatkan setiap pelaut Indonesia berhak memiliki tempat tinggal.

"Kebijakan ini menjadi manifestasi komitmen SAKTI untuk memenuhi kebutuhan dasar pelaut Indonesia, yaitu kebutuhan akan tempat tinggal," kata Dewa dikutip dalam keterangannya, Rabu, 7 September 2022.

KSAD: Proses Ganti Rugi Pascaledakan Gudang Amunisi sedang Berlangsung

Selama Ini Pelaut Hadapi Syarat yang Sulit untuk Punya Rumah

Ilustrasi perumahan.

Photo :
  • ANTARA/Aditya Pradana Putra
Respons PT SMF soal Janji Prabowo Bangun 3 Juta Rumah per Tahun

Lewat program ini, Dewa menyebut SAKTI ingin memberikan kemudahan dan perlindungan bagi pelaut Indonesia untuk memiliki rumah. Selama ini, kata Dewa, hal tersebut belum bisa terwujud.

Sebab, Pelaut masih menghadapi persyaratan yang rumit dan tidak mudah untuk memiliki rumah. Sehingga, permasalahan ini menjadi dasar SAKTI meluncurkan program kepemilikan rumah bagi pelaut Indonesia. 

"Dengan adanya kerja sama SAKTI dengan Perum Perumnas,  membuka peluang yang luas bagi anggota pelaut SAKTI dan pelaut di Indonesia untuk memiliki hunian terjangkau bagi keluarga mereka. Kami akan terus sosialisasikan program ini ke depan," ujar Dewa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya