Tak Usah Ribet Tukar Uang, Turis RI ke ASEAN Nantinya Bisa Pakai QRIS

QRIS
Sumber :
  • BI.go.id

VIVA Bisnis – Bank Indonesia (BI) memanfaatkan teknologi sebagai alat pembayaran hingga ke mancanegara di era digitalisasi ini. Salah satunya Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di beberapa negara ASEAN dalam bertransaksi.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

Gubernur BI Perry Warjiyo menyebutkan, saat ini QRIS di ASEAN sudah dapat digunakan di Thailand. Dalam hal ini jelasnya, terdapat beberapa kemudahan, karena bagi wisatawan asal Indonesia dan sebaliknya tidak perlu lagi menukar uang.

Fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang tersedia di BRImo.

Photo :
BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

"Kalau ke Thailand cukup pake QR Indonesian Standard sudah diterima di sana, langsung pindah dengan BI Fast. Bayarnya pake local currency nggak perlu dari rupiah ke dolar AS, dolar ke baht," kata Perry dalam acara Upacara Pembukaan Festival Ekonomi Syariah Jawa, Kamis, 8 September 2022.

Perry menjelaskan, selain Thailand QRIS juga sudah diujicobakan di Malaysia. Dan dalam waktu dekat akan tersambung ke negara tersebut.

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Kemudian, BI dengan Singapura juga telah bekerja sama dalam penerapan QRIS. Di mana di 2023 akan tersambung dengan Singapura, dan di 2024 tersambung ke negara Filipina.

"5 negara ASEAN akan nyambung dengan QR dan BI Fast, nggak perlu rupiah ke US dolar, ke Singapura dolar langsung rupiah ke Singapura dolar. Bayangkan orang Malaysia hingga turis ke Wali Songo langsung pake QR, pake fast bayarnya langsung ringgit ke rupiah nyambung," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan, implementasi sistem pembayaran antar negara melalui Quick Response (QR). Di mana pada hari ini 29 Agustus 2022 QR sudah bisa diterapkan secara penuh di Thailand.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Photo :
  • Tangkapan layar Anisa Aulia/ VIVA.

Adapun dengan penerapan itu, wisatawan Indonesia yang melancong ke negara tersebut sudah dapat melakukan transaksi pembayaran melalui QR.

"QR Indonesia dan QR Thailand sudah kami uji cobakan, dan mulai hari ini implementasi penuh. Sehingga untuk transaksi pariwisata perdagangan UMKM sudah bisa menyambungkan QR," ujar Perry, Senin 29 Agustus 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya