Klaim Asuransi Meningkat 70%, OJK: Artinya Warning

Ilustrasi perhitungan premi asuransi.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Bisnis – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewaspadai peningkatan jumlah klaim asuransi hingga pada 2022 hingga Juli, yang mencapai 70,38 persen. Realisasi itu lebih tinggi bila dibandingkan Juli 2021  yang hanya 65,26 persen.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) OJK Ogi Prastomiyono mengatakan, dari peningkatan klaim tersebut belum diketahui apa penyebabnya. Dikarenakan OJK belum mendalaminya secara lebih lanjut.

"Harus kita waspadai kita belum mendalami penyebabnya apa. Tapi kalau trennya naik itu artinya udah warning," kata Ogi dalam konferensi pers, Selasa 13 September 2022.

OJK Cabut Izin usaha BPRS Saka Dana Mulia Kudus

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK Ogi Prastomiyono.

Photo :
  • Anisa Aulia/VIVA.

Ogi menjelaskan, untuk klaim asuransi jiwa periode Januari hingga Juli 2022 terjadi kenaikan Rp 3,5 triliun atau naik 4,11 persen.

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

"Klaim yang terbesar adalah dari produk PAYDI Rp 2,48 triliun naik 5,42 persen," jelasnya.

Sedangkan pada klaim asuransi umum dan reasuransi tercatat naik sebesar Rp 4,44 triliun atau naik 23,79 persen. Itu meningkat bila dibandingkan dengan posisi yang sama di tahun 2021.

"Adapun hasil klaim terhadap premi asuransi komersial itu secara keseluruhan asuransi jiwa, umum dan reasuransi itu 70,38 persen. Ini sedikit meningkat dari Juli 2021 yang 65,26 persen," ujarnya.

Ilustrasi asuransi/keuangan.

Photo :
  • Pixabay/Stevepb

Meski demikian Ogi menilai, jika klaim asuransi masih di angka 70 persen masih menguntungkan. Namun bila tingkat klaim naik hingga 90 itu menjadi sebuah tanda bahaya.

"Kalau udah di 90 persen wah udah bahaya itu kan. Apalagi saya bila preminya sudah diakui duluan klaimnya belakangan di tahun kedua di tahun ketiga. Banyak seperti itu pasti di tahun itu akan membahayakan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya