4 Aset Tommy Soeharto Tak Laku-laku Dilelang, Mau Diapakan?

Satgas BLBI sita aset PT Timor milik Tommy Soeharto.
Sumber :
  • Dokumentasi Satgas BLBI.

VIVA Bisnis – Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam waktu dekat akan memutuskan nasib aset obligor BLBITommy Soeharto yang telah disita negara. Aset itu tidak laku-laku setelah beberapa kali dilakukan lelang.

CFX Ungkap Kelola Lebih dari 50% Volume Perdagangan Kripto di Indonesia

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu Rionald Silaban mengatakan, pihaknya telah mendapatkan langkah yang akan ditempuh ke depan terkait aset sitaan dari Tommy Soeharto tersebut. Dia meminta agar publik bersabar atas nasib aset obligor BLBI itu.

“Tunggu aja sebentar lagi akan ada langkah terkait dengan aset tersebut. Kita sudah memikirkan langkah mungkin dalam bulan-bulan depan kalian akan tau terhadap aset tersebut akan kita apakan," kata Rionald dalam Bincang Bareng DJKN, Jumat 16 September 2022.

Mobil Andhi Pramono Disita, KPK: Disembunyikan di Bengkel Reparasi

Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan, Rionald Silaban.

Photo :
  • Tangkapan layar/Anisa Aulia

Rio menuturkan, alasan tidak lakunya aset Tommy yang sudah beberapa kali dilelang karena terlalu luas. Sehingga nilainya menjadi besar.

Aset yang Disita dari Skandal Korupsi Timah Harvey Moeis Cs Belum Sampai Rp 300 M

"Karena kita sudah mencoba beberapa kali lelang, aset itu kan luas dan nilainya juga besar kita juga memahami mungkin karena luas dan nilainya juga besar," ucapnya.

Berdasarkan catatan VIVA, Satgas BLBI telah menyita sejumlah aset Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto. Aset itu berupa tanah seluas 120 hektare di Karawang, Jawa Barat.

“Hari ini Satgas BLBI menyita tanah seluas sekitar 120 hektare di Karawang beserta seluruh aset industri yang ada di dalamnya. Ini adalah kawasan industri yang dulu dijaminkan oleh Tommy Soeharto kepada negara. Kita punya dokumen hukum untuk melakukan itu,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, Jumat 5 November 2021.

Aset Tommy disebut berasal dan dijaminkan oleh PT Timor Putra Nasional (PT TPN). PT TPN dikatakan masih berutang kepada negara sebesar Rp2,374 triliun. Utang tersebut bermula saat PT TPN mendapat fasilitas pinjaman dari Bank Bumi Daya, yang kini bernama Bank Mandiri.

Satgas BLBI sita aset PT Timor milik Tommy Soeharto.

Photo :
  • Dokumentasi Satgas BLBI.

Adapun untuk aset Tommy Soeharto yang tidak laku-laku dilelang di antaranya:

1. Tanah seluas 530.125,526 meter persegi terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 4 atau Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors.

2. Tanah seluas 98.896,700 m2 terletak di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 22 atau Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors.

3. Tanah seluas 100.985,15 m2 terletak di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 5 atau Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors.

4. Tanah seluas 518.870 m2 terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 3 atau Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya