Alasan Budi Karya Jadi Salah Satu Menteri Berpengaruh Menurut Survei

Menhub Budi Karya Sumadi (tengah)
Sumber :
  • BKIP Kemenhub.

VIVA Bisnis – Hasil survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bekerjasama dengan Indonesian Public Institute (IPI), dan Indonesian Club (IC) menempatkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebagai salah satu menteri terbaik di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) saat ini.

Jokowi Hopes Panua Pohuwato Airport in Gorontalo Can Boost Local Economy

Budi Karya masuk dalam salah satu dari 10 pimpinan lembaga dan menteri paling berpengaruh jalannya pemerintahan Jokowi menurut kelas menengah intelektual.

Hal ini diungkapkan oleh Peneliti LPI, Febri Wahyuni Sabran dalam acara rilis hasil survei bertajuk 'Tokoh Paling Berpengaruh Selama Semester 1 Tahun 2022 Pemerintahan Joko Widodo menurut Pandangan Kelas Menengah' di Metro Coffee Bar, Tanah Abang, Jakarta, Sabtu, 17 September 2022.

Fakta, Produk Tembakau yang Dipanaskan Minim Digunakan Remaja di Negara-Negara Maju

“Pak Budi Karya dalam survei kami memang mendapatkan skors yang bagus sekali seperti halnya Menteri PUPR dan beberapa menteri dan pimpinan lembaga negara yang lain. Hal itu tentu pandangan kelas menengah intelektual yang kami jadikan sampel dalam penelitian ini tetapi setidaknya menggambarkan bagaimana kelas menengah dalam masyarakat kita menilai mereka. Itu artinya Menhub juga sosok yang patut diapresiasi kinerja dan leadership-nya," ujar Febri.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia
Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Dalam survei tersebut, Budi Karya masuk dalam daftar 10 tokoh terbaik dengan skors 2,31 dalam skala 0 sampai 4. Budi Karya kuat dalam indikator pengaruh dalam melakukan perubahan dan menggenjot kinerja Kementerian Perhubungan.

Dalam pengamatan dan penilaian responden, kata Febri, peran dan kiprah Budi Karya masih dapat diandalkan untuk menopang kebijakan Presiden Jokowi di sektor infrastruktur transportasi atau perhubungan. Responden, terang Febri, menilai skala pembangunan berbasis pada pemenuhan Proyek Prioritas Nasional dan Prioritas Strategis Nasional perlahan namun pasti telah direalisasikan secara bertahap.

"Secara umum, kebijakan infrastruktur transportasi pada 2022 diarahkan untuk mewujudkan konektivitas nasional dan efisiensi logistik, meningkatkan kinerja pelayanan pada semua moda transportasi umum dengan indikator keberhasilan tercapainya Indeks Kepuasan Masyarakat dan tingkat On Time Performace (OTP) dan meningkatkan keselamatan transportasi, sebagai upaya menuju zero accident," kata Febri.

Sementara Direktur IPI, Karyono Wibowo menyebut pandangan kelas menengah intelektual Indonesia sesuatu yang masuk akal.

 “Perombakan pelabuhan, penguatan infrastruktur bandara, tol laut, dan sebagainya merupakan contoh kerja nyata yang dilakukan Budi Karya sebagai Menteri Perhubungan," kata Karyono.

Diketahui, LPI bekerja sama dengan IPI, dan Indonesian Club (IC) melakukan survei sejak 30 Agustus sampai 12 September 2022 terhadap kelas menengah intelektual, yang terdiri dari para dosen/pakar, peneliti, anggota LSM/NGO dan aktivis/seniman di 34 provinsi.

Survei ini bermaksud mengukur pandangan kelas menengah intelektual terhadap kinerja 45 pimpinan lembaga negara dan para menteri  dalam Kabinet Indonesia Maju selama semester I Tahun 2022. Lima hal yang diukur dalam survei ini adalah popularitas, pengaruh, kontroversial, keunikan, relevansi dan kontribusi pemikiran.

Teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah purpose sampling di mana subjek yang dituju sebagai sampel memiliki kriteria khusus seperti profesi dan bidang keilmuan dengan jumlah sampel sebayak 800 responden dengan margin of error sebesar 3,5% dan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei LPI menempatkan 10 kepala lembaga dan menteri sebagai tokoh yang paling berpengaruh terhadap jalannya roda pemerintahan Jokowi.

Ke-10 tokoh tersebut Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan dengan skor 2,39; Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dengan skor 2,38; Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo dengan skor 2,38; Menko Polhukam Mahfud MD dengan skor 2,38; Menteri Badan BUMN Erick Thohir dengan skor 2,38; Menparekraf Sandiaga Uno dengan skor 2,35; Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan 2,35 skor; Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan skor 2,34;  Mendagri Tito Karnavian dengan skor 2,33; dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan skor 2,32.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya