Anggaran Ketahanan Pangan 2023 Capai Rp 95 Triliun, Ini Fungsinya

Ilustrasi bahan pangan.
Ilustrasi bahan pangan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA Bisnis – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan anggaran ketahanan pangan di 2023 sebesar Rp 95 triliun. Hal itu dilakukan untuk mendorong ketersediaan, akses, hingga peningkatan kualitas pangan

“Di bidang ketahanan pangan ini kita akan menganggarkan Rp 95 triliun untuk mendorong peningkatan ketersediaan akses dan kualitas pangan,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatawarta dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran, Selasa 20 September 2022.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata.

Photo :
  • VIVA/Anisa Aulia

Adapun anggaran ketahanan pangan itu naik sebesar 0,9 persen dibandingkan outlook 2022 di Rp 94,1 triliun. Di mana sempat menurun pada 2020 yang hanya di angka Rp 73,6 triliun dibandingkan 2019 Rp 100,2 triliun.

Untuk secara rinci, anggaran ketahanan pangan sebesar Rp 95 triliun mencakup anggaran ketahanan pangan oleh Belanja Pemerintah Pusat Rp 72,9 triliun dan Transfer ke Daerah (TKD) Rp 22,1 triliun.

Dijelaskannya, arah kebijakan anggaran ketahanan pangan di 2023 itu mencakup peningkatan produktivitas komoditas pangan strategis. Serta mendorong terciptanya sumber daya manusia (SDM) pertanian dan perikanan yang berdaya saing.

Kemudian mendorong pemanfaatan teknologi dan data, pengembangan iklim inovasi serta memperkuat sistem logistik pangan nasional dan transformasi sistem pangan berkelanjutan. Kemudian, mengakselerasi penyelesaian pembangunan infrastruktur sistem irigasi dan bendungan atau waduk.