Intip Proyek Tol Semarang-Demak Paket 2 yang Sudah Rampung 94,6%

Jalan Tol Semarang Demak Paket 2.
Sumber :
  • Dokumentasi PT PP.

VIVA Bisnis – BUMN konstruksi dan investasi PT PP menggenjot penyelesaian pekerjaan proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 pada akhir tahun 2022 ini. Proyek ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional(PSN) yang dicanangkan dan tengah menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah. 

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Karena, Jalan Tol Semarang-Demak diharapkan dapat melengkapi konektivitas jaringan Jalan Tol dan ruas utama di sisi utara Pulau Jawa. Selain itu, tol yang terintegerasi dengan Tanggul Laut Kota Semarang diharapkan akan semakin mendukung pertumbuhan pusat ekonomi baru di Provinsi Jawa Tengah.

"Kami optimis proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 ini dapat dituntaskan sesuai dengan target yang telah ditetapkan," ujar Sekretaris Perusahaan PT PP Bakhtiyar Efendi, dikutip dari keterangannya, Jumat, 23 September 2022.

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng

Jalan Tol Semarang Demak Paket 2.

Photo :
  • Dokumentasi PT PP.

Dia menjabarkan, proyek jalan tol yang naungi oleh BUJT PT PP Semarang-Demak (“PPSD”) ini berlokasi Kota Semarang dan Kabupaten Demak di Provinsi Jawa Tengah. PPSD merupakan salah satu anak usaha PT PP yang bergerak di bidang pengembangan dan pengelolaan jalan tol. 

Jennie BLACKPINK Difollow Camila Cabello, Bakal Kolaborasi?

Selain sebagai investor, PTPP juga berperan selaku kontraktor dalam pembangunan jalan tol tersebut. Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2
memiliki panjang lintasan 16,31 kilometer di mana dimulai dari Sayung STA 10+394 sampai dengan STA 26+704.

"Sampai dengan pekan ketiga September 2022, progres pembangunan jalan tol tersebut telah mencapai 94,69 persen," tambahnya.

Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan antara lain pekerjaan slab on pile sepanjang 9,492 kilometer. Kemudian, pekerjaan timbunan sepanjang 6,144 km, dan pekerjaan struktur jembatan sepanjang 0,679 km.

 

Jalan Tol Semarang Demak Paket 2.

Photo :
  • Dokumentasi PT PP.

Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 ini ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2022 mendatang. Pembangunan proyek jalan tol ini sangat menerapkan performance QHSE di mana sampai saat ini nihil kecelakaan proyek.

"Selain berfungsi sebagai konektivitas antara wilayah dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah, kehadiran Jalan Tol Semarang Demak ini juga akan difungsikan sebagai tanggul laut penahan banjir rob dan genangan air yang selama ini menjadi masalah di sekitar Kota Semarang,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya