Heboh Pertalite Berubah Warna, Pertamina Buka-bukaan

BBM jenis Pertalite.
BBM jenis Pertalite.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVA Bisnis – Media sosial ramai kabar yang menyebut soal adanya perbedaan warna pada bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Di mana, ada sebuah postingan yang memperlihatkan gambar perbedaan warna BBM Pertalite dengan warna hijau pekat, dan satu lagi berwarna hijau agak terang.

Apalagi, narasi yang juga disebarkan bersama postingan tersebut adalah bahwa terdapat perbedaan lain pada kedua jenis Pertalite itu. Di mana salah satunya disebut-sebut lebih boros saat digunakan.

Saat dikonfirmasi, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, membantah kabar tersebut. Dia menegaskan bahwa jenis warna yang diberikan pada tiap jenis BBM yang dijual Pertamina, hanyalah sebagai pembeda antara BBM jenis yang satu dan yang lainnya.

Nozzle BBM Pertalite dan Pertamax di pom bensin

Nozzle BBM Pertalite dan Pertamax di pom bensin

Photo :
  • ANTARA PHOTO/M Agung Rajasa/ss/aww.

"Warna yang diberikan pada BBM hanya untuk pembeda," kata Irto saat dihubungi VIVA, Senin 26 September 2022.

Dia menjelaskan, warna asli BBM sebenarnya adalah bening tanpa warna. Penambahan zat pewarna pada BBM Pertamina hanya bertujuan agar masyarakat umum dapat membedakan jenis-jenis BBM yang digunakan, tanpa ada pengaruh terhadap performa kualitas dari masing-masing jenis BBM tersebut.

"Zat pewarna ini tidak berpengaruh terhadap performa, kualitas, atau spesifikasi BBM," ujar Irto.