Heboh Pertalite Berubah Warna, Pertamina Buka-bukaan

BBM jenis Pertalite.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVA Bisnis – Media sosial ramai kabar yang menyebut soal adanya perbedaan warna pada bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. Di mana, ada sebuah postingan yang memperlihatkan gambar perbedaan warna BBM Pertalite dengan warna hijau pekat, dan satu lagi berwarna hijau agak terang.

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Apalagi, narasi yang juga disebarkan bersama postingan tersebut adalah bahwa terdapat perbedaan lain pada kedua jenis Pertalite itu. Di mana salah satunya disebut-sebut lebih boros saat digunakan.

Saat dikonfirmasi, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, membantah kabar tersebut. Dia menegaskan bahwa jenis warna yang diberikan pada tiap jenis BBM yang dijual Pertamina, hanyalah sebagai pembeda antara BBM jenis yang satu dan yang lainnya.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Nozzle BBM Pertalite dan Pertamax di pom bensin

Photo :
  • ANTARA PHOTO/M Agung Rajasa/ss/aww.

"Warna yang diberikan pada BBM hanya untuk pembeda," kata Irto saat dihubungi VIVA, Senin 26 September 2022.

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Dia menjelaskan, warna asli BBM sebenarnya adalah bening tanpa warna. Penambahan zat pewarna pada BBM Pertamina hanya bertujuan agar masyarakat umum dapat membedakan jenis-jenis BBM yang digunakan, tanpa ada pengaruh terhadap performa kualitas dari masing-masing jenis BBM tersebut.

"Zat pewarna ini tidak berpengaruh terhadap performa, kualitas, atau spesifikasi BBM," ujar Irto.

Mengenai kabar yang mengatakan bahwa Pertalite yang lebih berwarna hijau muda saat ini lebih boros, Irto juga menyangkal hal tersebut. Dia pun kembali menegaskan bahwa pewarnaan jenis BBM tidak memengaruhi kualitasnya.

Bahkan, lanjut Irto, pihak Pertamina sendiri sudah melakukan rangkaian tes pada sejumlah sampel BBM Pertalite, dan memastikan bahwa kualitasnya masih sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan sesuai jenisnya.

Pertalite

Photo :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

"Tidak ada kaitannya (warna BBM) dengan boros tidaknya dalam penggunaan BBM. Sejauh ini sample yang kami cek masih 'on specs' (sesuai spesifikasi) yang ditentukan Pemerintah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya