Instansi Pemerintah Sudah Mulai Pakai Mobil Listrik? Ini Kata Luhut

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.
Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Repro Youtube Sekretariat Presiden.

VIVA Bisnis – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan memastikan, saat ini pemerintah sudah memulai langkah konversi mobil listrik untuk mobil dinas di instansinya masing-masing secara bertahap.

"Konversi kendaraan listrik untuk mobil dinas sekarang sudah mulai dilakukan secara bertahap," kata Luhut saat ditemui di Sarinah Thamrin, Jakarta, Selasa 27 September 2022.

Baca juga: PLN Batalkan Program Kompor Listrik, Ini Alasannya

Meskipun mengaku belum menggunakan mobil listrik dalam tugas kesehariannya secara reguler, namun Luhut mengaku akan segera menggunakannya dalam menjalankan tugas harian sebagai menteri. Dia bahkan berjanji akan menggunakan kendaraan listrik secara reguler dalam waktu dekat, sebagai mobil dinas kesehariannya.

"Saat ini meskipun saya masih pakai (mobil) jeep saya yang pribadi, tapi sebentar lagi ya pakai EV (electric vehicle). Jadi secara bertahap pemerintah pusat sudah mulai (menggunakan kendaraan listrik)," ujarnya.

Namun di satu sisi, Luhut mengakui masih ada sejumlah kendala yang harus dihadapi dalam upaya pemanfaatan mobil listrik bagi kebutuhan transportasi sehari-hari secara massal. Sebab dalam produksinya, produksi chip untuk pembuatan mobil listrik itu sendiri saat ini justru semakin susah. Hal ini diakui Luhut terkait dengan dinamika konflik geopolitik global, yang tengah terjadi di dunia saat ini.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mencoba mobil listrik Wuling Mini EV.

Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan mencoba mobil listrik Wuling Mini EV.

Photo :
  • Dok: Wuling