Luhut 'Pede' Balap F1 H2O di Danau Toba Bakal Dongkrak Pariwisata

Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1 H2O) di Danau Toba pada Februari 2023
Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1 H2O) di Danau Toba pada Februari 2023
Sumber :
  • istimewa

VIVA Bisnis – Induk Holding BUMN pariwisata InJourney atau PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero), bakal menggelar Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1 H2O) di Danau Toba pada Februari 2023 mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan meyakini, perhelatan acara olahraga ini akan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Indonesia, khususnya ke destinasi wisata Danau Toba.

"Pelaksanaan F1 H2O pada Februari tahun depan ini saya kira satu langkah yang sangat bagus. Persiapan pun sudah kita lakukan dari beberapa bulan lalu, dan saya kira acara ini akan menarik lebih banyak turis ke Indonesia," kata Luhut dalam konferensi pers di Sarinah Thamrin, Jakarta, Selasa 27 September 2022.

Baca juga: Tiket ke Bali Ludes Jelang G20, Luhut Tugaskan Menhub Tambah Alokasi

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria mengatakan, perhelatan F1 H2O ini merupakan kesempatan emas bagi Indonesia, untuk membuktikan lagi kemampuannya menyelenggarakan ajang balap level internasional.

"Dan kita harap gelaran ini akan semakin mampu memperkenalkan Danau Toba kepada dunia internasional," kata Dony.

Sebagai kejuaraan yang sudah dihelat di 39 negara, gelaran ajang balap F1 H2O merupakan kejuaraan tingkat tertinggi (F1) untuk olahraga powerboat. Karenanya, ajang balap tersebut diyakini akan menjadi magnet bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, untuk semakin memperkenalkan Danau Toba sebagai destinasi wisata.