Menguat Tipis, Rupiah Masih Terpuruk di Level 15.227 per Dolar AS

Nilai Tukar Rupiah Dollar
Nilai Tukar Rupiah Dollar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat tipis pada perdagangan Kamis pagi, 29 September 2022. Terpantau pukul 09.16 WIB rupiah menguat sebesar 39 poin atau 0,25 persen ke posisi Rp 15.227 per dolar AS dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.266 per dolar AS.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, kurs rupiah ada di angka Rp 15.243 per dolar AS.

Analis PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) telah menurunkan perkiraan pertumbuhan ekonomi global untuk tahun 2023. Itu sekaligus memperingatkan bahwa banyak negara Eropa, AS, dan China dapat menghadapi resesi di 2023.

"Volume perdagangan dunia juga tetap rendah ini menandakan ekonomi dunia di 2023 semakin suram. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi dunia diprediksi semakin rendah disertai dengan tingginya tekanan inflasi dan ketidakpastian pasar keuangan global," kata Ibrahim dalam risetnya, Kamis 29 September 2022.

Petugas bank tunjukkan uang rupiah dan dolar Amerika Serikat.

Petugas bank tunjukkan uang rupiah dan dolar Amerika Serikat.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Ibrahim menuturkan, perkembangan terkini perekonomian Amerika Serikat ditandai dengan kenaikan suku bunga the Fed dan diperkirakan masih akan meningkat yang akan berimbas pada pelemahan ekonomi global. Hal tersebut akan mendorong semakin kuatnya mata uang dolar AS dan semakin tingginya ketidakpastian di pasar keuangan global.

"Sehingga mengganggu aliran investasi portofolio dan tekanan nilai tukar di negara-negara emerging market, termasuk Indonesia," ujarnya.